Follow Us

Review First Man: Pertunjukan Unik Tentang Manusia Pertama di Bulan

HAI Internship - Rabu, 10 Oktober 2018 | 17:54
Ryan Gosling
Universal Pictures

Ryan Gosling

HAI-Online.com - Ngomongin soal film bertemakan ruang angkasa atau space exploration, film apa sih yang paling ngena buat lo? Terkecuali lo yang seorang pegiat bumi datar, mungkin 2001: A Space Odyssey, Interstellar dan Gravity masih jadi yang terbaik ya?

Pantes aja sih, Interstellar dan Gravity lahir dari tangan dingin seorang Stanley Kubrick, Christopher Nolan dan Alfonso Cuaron yang membawa standard baru yang personal ke dalam genre film space exploration. Dan hal itu juga yang kayaknya mendorong Damien Chazelle, sang sutradara Whiplash dan La La Land untuk ikutan bikin film sejenis.

Kali ini kisah yang diangkat lebih ke arah autobiografi gitu. Adalah kisahnya Neil Armstrong, astronot pertama dari NASA yang berhasil menginjakan kaki di bulan dalam misi Apollo 11.

Baca Juga : 3 Hal yang Nggak Lo Tau Soal Manusia Pertama di Bulan dari Film First Man!

Kisah Armstrong sendiri udah diadaptasi ke dalam beberapa hal, macam film Apollo 13, In The Shadow of The Moon, dan serial tv dokumenter Apollo 11.

Namun, First Man ini nggak bisa disamain kayak pendahulunya, sob. First Man ngasih warna dan pendekatan yang berbeda tentang kisah Armstrong ini. Sebagian besar filmnya bahkan nggak menunjukan ruang angkasa sama sekali.

Diadaptasi dari biografi karya Jame R. Hansen, First Man menceritakan tentang proses ambisi Amerika Serikat untuk bisa membalap Uni Soviet dalam pertarungan ruang angkasa.

Tapi bukan kisah kemenangan Neil yang berhasil sampai ke bulan yang jadi fokus utama cerita, atau kisah patriotisme Amerika Serikat yang selama ini selalu tampil blak-blakan dalam film Hollywood. Tapi tentang bagaimana proses Neil, NASA, dan orang di sekelilingnya dalam mempersiapkan ambisi tersebut untuk jadi nyata.

Bagaimana dalam proses yang berlangsung sekitar 1 dekade ini, punya harga-harga yang harus dibayar. First Man menjelajahi tentang perjalanan hidup Neil Armstrong secara personal, kisah-kisah yang nggak diketahui publik sebelumnya. Tentang siapa sebenarnya pahlawan negeri Sam itu.

Personal

Ryan Gosling dan Claire Foy
Universal Pictures

Ryan Gosling dan Claire Foy

Cara Chazelle membingkai kisah Neil Armstrong super unik. Pendekatan yang ia lakukan sangat personal, menjadikan Neil sebagai spotlight film. Neil digambarkan sebagai seorang ayah khas tahun 60-an. Logis dan tidak terbiasa bertindak dengan emosi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest