Follow Us

Ternyata Begini Asal Muasal Pilot Sering Bilang Kata 'Roger'

Dewi Rachmanita - Selasa, 02 Oktober 2018 | 16:00
Pilot
Picasa

Pilot

HAI-Online.com - Ngeh nggak sob banyak adegan pilot di film yang sering ngomong "roger"? Orang yang berkomunikasi lewat radio emang mengucapkan "roger" setelah mereka menerika informasi.

Ternyata, penggunaan "roger" ini udah dari lama loh.

Dilansir dari Bobo, dulu nih waktu teknologi perkembangan masih dikembangkan awal abad ke-19, komunikasi antara pilot dengan petugas darat masih cukup sulit.

Padahal penting loh dan komunikasi mereka harus berjalan lancar.

Waktu pesawat pertama diterbangkan Wright bersaudara, mereka coba pakai tanda-tanda visual dari daratan, kayak isyarat tangan, tongkat berwarna, dan suar.

Habis itu radio baru mulai dimanfaatkan buat alat komunikasi dengan kode morse.

Baca Juga : NBA Bakal Denda J.R. Smith Jika Pamerin Tattoo Supreme-nya Pas Pertandingan

Mulai deh telegraf juga digunakan dan kode morse yang biasa digunakan adalah huruf "R" yang artinya received atau diterima.

Si pilot menegaskan sob kalau dia udah nerima pesan atau instruksi yang diberikan petugas di darat.

Semakin ke sini, komunikasi pun mulai lewat suara. Pilot pun menggunakan "roger" sebagai penunjuk suara untuk huruf "R" dalam alfabet.

Sebenarnya nih ya, penggunaan kata "roger" mulai populer waktu Perang Dunia II pada 1943. Waktu itu nggak semua orang bisa bicara bahasa Inggris, jadi akhirnya pakai deh kata "roger" yang lebih mudah dipahami.

Malah, kadang mereka nambagin kata "wilco" setelah kata "roger". Ini merupakan kependekan dari "Roger, will comply" sob yang punya arti pilot bakal memenuhi instruksi yang diberikan.

Artikel ini pertama kali tayang di http://bobo.grid.id/read/08947849/pilot-sering-mengucapkan-kata-roger-dari-mana-asal-usulnya-ya?page=all

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest