Follow Us

Cewek Ini Jadi Barista Meski Awalnya Nggak Suka Kopi, Kamu Gimana?

Dewi Rachmanita - Senin, 10 Desember 2018 | 12:31
Revinka lagi curhat ke HAI
Sobry/HAI

Revinka lagi curhat ke HAI

HAI-Online.com - Sejak munculnya film Filosopi Kopi, nggak bisa ditampik banyak orang mulai makin melirik profesi barista. Namun, cewek HAI yang satu ini, Revinka Aiko jadi barista nggak cuma gara-gara profesi itu yang makin hype. Dia emang udah mulai tertarik tentang perkopian dari sang ayah dari lama.

Emang sih, Revinka ngaku ke HAI dia awalnya nggak suka kopi. Bisa diitung lah berapa kali sob minum kopi dalam seminggu atau bahkan sebulan. Tapi, makin ke sini ya mesti coba berbagai kopi.

"Awalnya linglung dan bingung banget. Terus dua hari kerja di sini gue langsung dikasih 8 kopi yang berbeda dari seluruh di Indonesia. Gue disuruh cobain satu sendok-satu sendok dan ditanya bedanya apa aja," cerita Revinka.

Baca Juga : 5 Fakta Revinka Aiko, Cewek HAI Keturunan Jepang yang Anti Gabut

Karena benar-benar masih awam soal kopi, cewek yang baru lulus di SMK Pariwisata ini cuma bisa jawab semua rasanya kayak kopi yang pahit. Ternyata itu emang buat melatih sensor lidah sob. Ke sini pun Revinka jadi tahu, kalau di balik rasa pahit kopi itu ada rasa-rasa lain, kayak ada manisnya, asamnya, buah-buahan. Bahkan ada wangi-wangi khusus.

Waktu awal kerja nih, Revinka nggak disuruh langsung bikin kopi. Fokus dulu ke minuman non kopi, kayak red velvet, cokelat, atau matcha. Abis itu baru deh mulai coba-coba ke kopi, yakni espresso based.

"Jadi belajar takaran dulu, kayak espresso tuh harus berapa gram, dan lainnya," kata Revinka.

Baru berlanjut belajar manual brew. Prosesnya emang diakui Revinka lebih susah dibandung bikin espresso based, apalagai kalau manual brew yang V60.

"Khususnya kayak yang V60 ini, lo pouring airnya nggak sesuai atau kecepetan itu rasanya beda. Airnya kepanasan atau kurang panas itu ngaruh banget ke rasa," lanjut cewek berdarah Jepang ini.

Kenapa sih mau coba hal baru jadi barista?

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest