Follow Us

Ini Bedanya Isi Angin Biasa dengan Nitrogen. Bikin Lebih Nyaman!

Agung Mustika - Selasa, 18 September 2018 | 18:00
Ini Bedanya Isi Ban Pakai Angin Biasa dan Nitrogen
Gridoto

Ini Bedanya Isi Ban Pakai Angin Biasa dan Nitrogen

HAI-Online.com - Seiring dengan kemajuan zaman, banyak banget komponen kendaraan yang ngalamin banyak perubahan dan kemajuan.

Termasuk masalah isi angin ban. Sekarang kita bisa juga, nih, milih mau isi angin biasa atau nitrogen.

Nah, sebelum pada salah kaprah, sebenarnya kalo kita ngisi angin di banyak pengisian angin ban di pinggir jalan juga udah mengandung nitrogen.

Karena komposisi udara yang kita hirup berupa 78% nitrogen, 21% oksigen, dan sisanya gas lain.

Nah, kalau yang dimaksud isi gas nitrogen untuk ban, konsentrasi nitrogennya udah diatas 99% alias hampir murni.

Mengisi angin ban dengan nitrogen punya kelebihan nggak cepat panas karena nitrogen jumlah molekulnya lebih besar makanya nggak gampang kempes dan panas.

Baca Juga : Kisah Ilusionis The Sacred Riana Diangkat ke Layar Lebar, Tungguin Deh!

“Kelebihannya membuat pengendara lebih nyaman karena memiliki molekul lebih besar dibandingkan angin biasa,” ujar ujar Zulfata Zainal, Manajer Proving Ground Bridgestone dilansir dari Gridoto.com.

Dengan molekul nitrogen yang lebih besar ternyata berpengaruh bikin lebih nyaman dalam berkendara karena bantingan ban bakal lebih empuk! Jadi kalo ngelewatin polisi tidur nggak sakit-sakit amat.

Kalo jatoh, sih, sakit tetep. Hehehe..

Penjelasan ilmiahnya karena gas nitrogen bisa menjaga elastisitas ban makanya kelenturan karet semakin terjaga.

“Bila molekul lebih besar maka gaya gesek dalam ban akan berkurang,” tambah Zulfata. Lalu, bagaimana jika nitrogen dan angin biasa tercampur di dalam ban?

“Tidak masalah, hanya saja fungsi nitrogen akan berkurang,” tutup Zulfata.

Jadi sebenarnya enggak masalah,tuh, kalau ban isi gas nitrogen ditambah dengan angin biasa. Cuma ya kinerjanya nggak senyaman nitrogen murni, sob.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest