Follow Us

Kardus Ini Jadi Miniatur Kota yang Keren, Ternyata Dibikin Hampir 65 Tahun!

Ricky Nugraha - Sabtu, 15 September 2018 | 13:06
Miniatur kota dari kardus buatan Karl Sperber
thelocal.de

Miniatur kota dari kardus buatan Karl Sperber

HAI-online.com - Seorang pensiunan berusia 78 tahun bernama Karl Sperber telah membangun miniatur kota dari karton sejak berumur 13 tahun atau sudah lebih dari enam dekade.

Pria asal Burgebarch, Bavaria ini membangun miniatur kota yang diberi nama 'Kota Sperber' tersebut dengan inspirasi dari kota-kota seperti Frankfurt am Main, New York dan Chicago.

Ia yang dulu bekerja di industri mebel, membangun kotanya tersebut dari kardus-kardus kotak sepatu yang kemudian ia ubah menjadi replika gedung-gedung pencakar langit.

Hasil karya yang telah dilakukannya selama hampir 65 tahun itu sangat mengesankan dengan lebih dari 4.000 bangunan telah dibangun.

Miniatur itu sendiri memiliki luas lebih dari 40 meter persegi dan beberapa koleksinya dapat dilihat di ruang pameran bekas toko furnitur di kotanya.

Baca Juga : Kreatif! Seniman Ini Bikin Miniatur Berbagai Kota Di Dunia Dengan Menggunakan Peralatan Operasi!

Sperber menghabiskan hingga tiga jam sehari mengerjakan hobinya menggunakan beberapa alat seperti penggaris, pensil, lem, dan kardus.

"Aku membangun lebih dari 100 rumah dalam setahun," kata Sperber. Setiap rumah membutuhkan waktu pembuatan yang berbeda. "Itu semua tergantung pada gaya dan arsitekturnya."

Bangunan modern dapat dibuat dengan relatif lebih cepat, sedangkan rumah-rumah dari masa jadul lebih kompleks karena detailnya yang rumit.

Meski terinspirasi dari gedung-gedung pencakar langit di Amerika, tapi ia mengaku belum pernah mengunjungi tempat-tempat itu.

Untuk memamerkan koleksi lengkapnya akan cukup susah. Dia tentu membutuhkan lebih banyak ruang, dan kini harus puas hanya menyimpan ciptaannya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular