Follow Us

BMW Bikin Motor yang Dapat Mengemudi Sendiri Secara Otomatis

Ricky Nugraha - Kamis, 13 September 2018 | 21:35
Motor yang dapat mengemudi sendiri secara otomatis buatan BMW Motorrad
Youtube/BMW Motorrad

Motor yang dapat mengemudi sendiri secara otomatis buatan BMW Motorrad

HAI-online.com - Mobil yang dapat mengemudi sendiri kini mungkin sudah ramai dikembangkan. Tapi kalau motor yang dapat mengemudi sendiri? Rasanya masih sedikit, atau mungkin malah belum ada.

Menurut catatan, pengendara sepeda motor memiliki resiko tingkat kematian 28 kali lebih tinggi daripada orang yang mengendarai mobil.

Berdasarkan hal tersebut, BMW Motorrad, divisi sepeda motor dari BMW, berusaha menciptakan teknologi untuk meningkatkan keselamatan para penggendara roda dua.

Baca Juga : Bermodal Mesin Ferrari, Pria ini Bikin Model F1. Begini Jadinya!

Teknologi tersebut berupa fitur keselamatan otomatis pada motor yang sudah BMW kembangkan selama lebih dari dua tahun, dan kini menunjukkan hasilnya.

Dalam video pendek yang diberikan, nampak sepeda motor BMW yang berjalan di lintasan uji, namun tanpa pengemudi. Mulai dari berhenti, berbelok dan mengerem semuanya dilakukan sendiri oleh motor tersebut secara otomatis.

Baca Juga : Unik, Jaguar Land Rover Bikin Prototype Mobil Otomatis yang Punya Mata

Rencananya memang bukan untuk menjual sepeda motor yang dapat mengemudi sendiri secara otomatis.

Melainkan, BMW ingin menanamkan beberapa teknologi ke dalam sepeda motor untuk memberikan "stabilitas yang lebih baik saat berkendara di situasi yang kritis."

Namun, menambahkan fitur bantuan berkendara ke sepeda motor bukan berarti nggak akan menimbulkan permasalahan.

Jika pada suatu mobil diprogram untuk dapat mengerem secara mendadak demi menghindari kecelakaan, maka besar kemungkinan si pengemudi akan selamat karena masih ada sabuk pengaman dan airbag.

Tetapi jika hal tersebut dilakukan pada motor, pengendara bisa lepas, terbang dari motor dan pastinya menimbulkan resiko yang lebih berbahaya.

Pengendara pun harus mengontrol keseimbangan saat naik motor, sedikit koreksi otomatis dari sistem juga dapat menimbulkan bahaya baru.

Source : The Verge

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest