Follow Us

Facebook Garap Teknologi untuk Perangi Meme yang Bersifat Ofensif

Ricky Nugraha - Kamis, 13 September 2018 | 20:34
Facebook
Hypebeast

Facebook

HAI-online.com - Semakin banyak perusahaan teknologi berusaha untuk memerangi berita palsu dan ujaran kebencian. Hal ini pula yang menyebabkan Facebook mengembangkan teknologi terbaru ini.

Facebook tengah mengembangkan sebuah sistem mesin yang belajar (Machine Learning System) bernama "Rosetta" untuk memahami teks yang ditulis dalam gambar dan video.

Pekerjaan tersebut tentu sulit untuk dilakukan oleh tenaga manusia karena jumlah gambar yang diproses sangat banyak.

Baca Juga : 9 Meme Ini Ngikutin Iklan Nike Colin Kaepernick, Wah Ada Thanos Lho!

Menurut Facebook, teknologi ini memang masih belum sempurna, tapi teknologi tersebut jauh lebih baik dari metode sebelumnya.

Rosetta akan memindai lebih dari satu miliar gambar publik tiap harinya.

Baca Juga : Mikrofon Kejujuran Bikinan NatGeo Ini untuk Perangi Berita Hoaks

Cara kerja Rosetta
Hypebeast

Cara kerja Rosetta

Gambar atau meme-meme tersebut memiliki beragam bahasa, dan Rosetta memindainya melalui model pengenalan teks untuk memahami konteks tiap postingan secara akurat.

Kemudian Rosetta menggunakan Convolutional Neural Network, sebuah jaringan saraf virtual yang ada di dalam machine learning untuk menganalisa gambar.

Sistem itulah yang mengenali bentuk tulisan, dan dari bahasa apa tulisan itu berasal serta apa arti dan maksud dari perkataan yang ditulis.

Tim pengembang tersebut nantinya juga akan melatih Rosetta untuk secara otomatis memfilter video dari tiap frame.

Dengan begitu, meme dan video yang mengandung pesan negatif akan tersaring, sehingga Facebook menjadi media sosial yang lebih aman.

Nggak hanya Facebook, Instagram kabarnya juga mulai menggunakan Rosetta untuk menertibkan konten yang ada di dalamnya. (*)

Source : Nextren.grid.id, Hypebeast

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest