Follow Us

4 Negara Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Salah Satunya Indonesia!

Bayu Galih Permana - Senin, 03 September 2018 | 10:18
Presiden Jokowi berfoto bersama Ketua IOC dan OCA usai memberikan keterangan pers Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/9/2018)
bolasport.com

Presiden Jokowi berfoto bersama Ketua IOC dan OCA usai memberikan keterangan pers Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/9/2018)

HAI-Online.com - Setelah sukses menggelar turnamen olahraga terbesar antar negara di Asia, Asian Games 2018, kali ini Indonesia mengincar untuk menjadi tuan rumah dari ajang Olimpiade 2032.

Keinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Olimpiade Internasional (OIC), Thomas Bach pada Sabtu kemarin (1/9).

Berbekal pengalaman pada Asian Games 2018, mantan walikota Solo itu berencana secepatnya mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032," kata Pak Jokowi seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

CEK JUGA: Stadion Rp 5,5 Triliun Disiapkan Sambut Asian Games 2022 di China

Namun, untuk mewujudkan keinginan Jokowi itu, Indonesia harus bersaing dengan beberapa negara seperti Australia, China, dan India yang juga berminat buat menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Australia sendiri dilaporkan mengajukan Brisbane sebagai kota penyelenggara Olimpiade 2032, sedangkan China menawarkan Shanghai setelah Beijing pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Asosiasi Olimpiade India sendiri pada April lalu mengatakan bahwa akan mengajukan tawaran unuk Olimpiade 2032, dan negeri Bollywood itu akan menjadi lawan terberat Indonesia karena kedua negara ini belum pernah menyelenggarakan event tersebut sebelumnya.

CEK JUGA: Salut, Mahasiswa Indonesia Ini Berhasil Jadi Finalis X-Factor Jerman

Kalau Indonesia benar-benar serius ingin menjadi tuan acara olahraga terbesar di dunia itu, masih ada waktu selama 3 Olimpiade lagi kok untuk mempersiapkannya.

Olimpiade 2020 sendiri nantinya akan diadakan di Tokyo (Jepang), dan untuk 2024 dan 2028 nantinya menunjuk Paris (Perancis), dan Los Angeles (Amerika Serikat) sebagai tuan rumah event 4 tahunan tersebut.

Wah kalo Indonesia beneran jadi tuan rumah Olimpiade 2032 pasti bakal keren banget tuh, Asian Games 2018 kemarin aja udah kece abis, ya nggak sob?

Source : BolaSport.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest