Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu, Ini Kepanjangan dari KTM. Ribet Abis!

Agung Mustika - Senin, 03 September 2018 | 10:23
Ini Singkatan brand KTM

Ini Singkatan brand KTM

HAI-Online.com - Walau terlibat dalam pagelaran balapan motor terbaik sedunia, MotoGP, brand motor KTM terkenal sebagai produk spesiaslis off-road alias motor trail.

Sayangnya, banyak orang Indonesia yang masih nggak tahu apa kepanjang dari KTM. Sejarah nama KTM bisa ditelusurin dari tahun 1934 di mana pendirinya, Johann (Hans) Trunkenpolz bikin bengkel mobil di Mattighofen, Austria.

Dinamakan Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen yang artinya "Kendaraan (buatan) Trunkenpolz Mattighofen" dari bahasa Jerman. Ribet kan nyebutinnya?

Walau dianggap kepanjangan KTM, nama ini nggak diregistrasi oleh Hans Trunkenpolz sebagai brand-nya.

Dilansir dari Gridoto.com, awalnya, bengkel milik Hans Trunkenpolz ini punya spesialisasi servis kendaraan perang. Wajar aja soalnya saat itu lagi berlangsung Perang Dunia Kedua.

Tapi setelah perang dan kebutuhan servis kendaaran perang berkurang, Hans Trunkenpolz berpikir untuk bikin motor buatan sendiri.

Doi bikin motor bernama R100 yang dibuat pada tahun 1951 dan di-release pada tahun 1953 dengan mesin Rotax buatan Fichtel & Sachs.

Produk-produk pertama KTM

Produk-produk pertama KTM

Di tahun itu juga, pengusaha bernama Ernst Kronreif menjadi salah satu pemilik saham terbesar KTM, dan ngelakuin registrasi nama resmi KTM.

Makanya KTM punya kepanjangan Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen, dan nama ini yang diakui sebagai kepanjangan KTM, sob!

Sekarang KTM udah jadi perusahaan tajir melintir naungin banyak brand besar industri otomotif kayak suspensi WP dan produsen motor off-road Husqvarna dan Husaberg.

Nggak cuma itu KTM juga bekerja sama dengan Bajaj yang punya saham 47.97% di KTM buat bikin seri Duke dan RC dengan kapasitas mesin dari 125 cc sampai 390 cc.

KTM juga memproduksi mobil sport dengan nama X-Bow pada tahun 2008, dengan karakter yang sama dengan motor-motornya, agresif.

Kalo ngelihat sejarahnya, tentunya Hans Trunkenpolz bangga ngelihat bengkel mobilnya sekarang bertransformasi menjadi perusahan multi-nasional dengan beragam produk.

Mungkin kamu nih salah satunya yang pakai produk motor KTM. Udah lancar belom nyebutin singkatannya? Hehehe..

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest