Follow Us

Muncul Awan Misterius, Benarkah Ada Penampakan UFO di Pontianak?

Alvin Bahar - Jumat, 31 Agustus 2018 | 13:45
Awan misterius di Pontianak
UFO Lovers

Awan misterius di Pontianak

HAI-ONLINE.COM - Penampakan awan misterius muncul di langit Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (30/8).Dalam video tersebut terlihat awan yang terbentuk seperti pesawat alien dengan pelangi di sampingnya.Awan misterius tersebut menarik perhatian akun @ufolovers di Instagram. “Another strange clouds seen in Pontianak, İndonesia,” tulis caption akun dengan 39.9 ribu followers tersebut.

BACA JUGA: Begini Kisah Cowok Surabaya yang Diajak NASA untuk Meneliti UFO

Pertanyaannya, benarkah itu adalah UFO?Sebenarnya, itu adalah awan lenticular.Apa itu awan lenticular? Mengapa ia berbentuk seperti UFO dan apakah perlukah dikhawatirkan?

Dilansir dari bbc.com, awan UFO ini nggak perlu dikhawatirkan.

Ahli meteorologi menyebut awan lenticular karena terbentuk saat angin kencang dan lembab dari medan kasar, seperti pegunungan atau lembah.

Awan lenticular

Awan lenticular

Nama lenticular diambil dari bahasa Latin yang berarti seperti lensa.

Saat angin mengalir di atas fitur besar, ia mungkin akan mendingin. Lalu menyebabkannya mengembun menjadi awan berbentik cakram yang berkembang tegak lurus terhadap aliran udara.

Lalu alasan disebut awan UFO karena sejumlah laporan penampakan UFO masa lalu telah dikaitkan dengan awan lenticular, yang dapat terbentuk di banyak tempat di seluruh dunia. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest