Follow Us

Ini Dia Alasan Kenapa Atlet Suka Gigit Medalinya Ketika Difoto

None - Kamis, 23 Agustus 2018 | 20:15
Lifter Indonesia Eko Yuli menggigit medali emasnya usai menjuarai angkat besi putra grup A nomor 62
Helmi Afandi

Lifter Indonesia Eko Yuli menggigit medali emasnya usai menjuarai angkat besi putra grup A nomor 62

HAI-ONLINE.COM - Hingga siang ini, para atlet Indonesia sudah mempersembahkan 21 medali. Dengan begitu, Indonesia berada di urutan kelima klasemen sementara Asian Games 2018.Oh iya, kalian pasti sering lihat para atlet menggigit medalinya ketika difoto. Kenapa begitu, ya?

Kebiasaan Zaman DuluKebiasaan menggigit medali ini sudah ada sejak lama, lho.

Di zaman dulu, kebiasaan menggigit medali dilakukan untuk memeriksa keaslian emas.Seperti kita tahu, emas adalah logam mulia yang punya tekstur agak lembek.Kalo digigit, akan muncul bekas gigitan di bagian luar emas.Namun, kalo nggak ada bekas gigitan dan terasa keras, tandanya emas itu sudah dicampur dengan bahan lain, seperti perak.

Cek: ‘Tap Benteng’ Ternyata Jadi Cabang Olahraga di Asian Games 2018

Sejak 1912 Nggak Sepenuhnya Emas

Sejak tahun 1912, medali yang diberikan kepada atlet nggak sepenuhnya terbuat dari emas.Kandungan emas yang ada di dalam medali hanya beberapa gram saja.Bahan lain yang digunakan untuk campuran medali biasanya perak.Meski nggak sepenuhnya terbuat dari emas, para atlet tetap melakukan kebiasaan mengigit medali hingga sekarang.Oh iya, selain itu, bagi para fotografer, menggigit medali setelah memenangkan lomba akan membuat foto terlihat lebih bagus.Jadi, jangan heran kalau para atlet selalu berfoto dengan pose menggigit medali yang mereka dapatkan.Nah, sekarang teman-teman sudah tahu, kan, kenapa para atlet suka menggigit medali mereka?

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Sering Lihat Atlet Berfoto Sambil Gigit Medali? Ternyata Ini Alasannya"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest