Follow Us

Vino G Bastian Cerita Masa-masa Ayahnya Menulis Novel Wiro Sableng Saat ia Kecil Dulu

Rizki Ramadan, HAI Internship - Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:23
Vino G Bastian
Kompas.com

Vino G Bastian

HAI-online.com - Udah pada tau dong kalau penulis komik silat Wiro Sableng itu adalah Bastian Tito yang merupakan bokapnya Vino G Bastian? Sekarang, Vino sendiri yang memerankan tokoh yang diciptakan bokapnya sendiri.

Vino, sih, ngaku kalau saat tau film ini bakal dibikin, dia nggak nyangka bakal jadi pemerannya. Tapi setelah dites, ternyata dia adalah satu-satunya sosok yang cocok.

Novel silat Wiro Sableng pertama kali diterbitkan Bastian Tito pada 1989. Saat itu, Vino berumur 7 tahun. Menurut catatan Wikipedia, di tahun itu serinya yang berjudul Makam Tanpa Nisan laku 921.020 eksemplar.

Selidik punya selidik, ternyata Vino awalnya nggak tahu banyak, lho, soal sosok Wiro Sableng. Saat kecil, bokapnya menceritakan Wiro Sableng seperti sebuah dongeng.

"Waktu kecil saya nggak baca bukunya karena Wiro Sableng udah kalah sama komik-komik pada masa itu. Saya malah dikasih Tiger Wong, Tapak Sakti, Kungfu Boy, buku bergambar gitu," sesalnya.

Setelah cukup besar, Vino mengaku kalau dirinya baru mulai membaca buku-buku karya bokapnya tersebut. Walau nggak runut, Vino menghargai karya bapaknya, bahkan ia juga ikut menonton sinetronnya yang pada masa itu cukup jadi hits.

BACA JUGA: Ruth Marini Nggak Dikenali Nyokapnya Sendiri Gara-gara Make Up Sinto Gendeng

Proses Kreatif Bastian Tito

Saat kecil, Vino hapal banget rutinitasnya. Setiap tengah malam, Vino sering mendengar suara ketukan mesin tik. Yap, itu adalah suara dari bokapnya yang sedang asik menulis Wirol Sableng.

Sebagai orang yang punya basic jurnalis, Tito Bastian sering melakukan riset untuk mendukung ceritanya. Ia pergi ke sejumlah daerah untuk mendapatkan inspirasi latar tempat cerita Wiro Sableng.

Nah, saat melakukan riset itu, Vino sering diajak. Tapi ia tak tahu kalau yang dilakukan bokapnya adalah bekerja. Yang Vino tahu, ia sekeluarga sedang travelling.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest