Follow Us

Lahirnya Cloud Gaming Skyegrid, dan Masa Depan Games di Indonesia

Rian Sidik - Jumat, 10 Agustus 2018 | 20:30
SkyeGrid Gaming
Doc. Skyegrid

SkyeGrid Gaming

Ingin bermain game terbaru, seperti Fortnite, Assasin's Creed Origins atau mungkin Far Cry 5, namun laptop yang kalian punya sekarang nggak mumpuni karena bukan laptop gaming?

Atau, mungkin perangkat yang lo punya sekarang hanya sebuah ponsel di genggaman?

Tenang, nggak perlu khawatir, karena mulai hari ini kita bisa menjadi seorang gamer, meskipun device atau perangkat yang kita punya bukan spesifikasi gaming sekalipun.

Jawaban dari pertanyaan di atas telah dijawab oleh, Skyegrid, sebuah startup buatan muda-mudi asal Indonesia, yang sejak Kamis (9/8) kemarin resmi meluncurkan solusi berupa platform game streaming berbasis Cloud, atau populer pula disebut Cloud Gaming.

Sederhananya, platform ini memungkinkan siapa saja untuk bermain game triple A dari apapun perangkat yang dimilikinya—termasuk laptop kerja biasa berbasis Windows, Macbook dan iMac, bahkan ponsel Android! Ya, ini membuat Skyegrid menjadi platform Cloud Gaming Android pertama di Indonesia.

"Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, nggak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid," ujar Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam Acara Peluncuran 'Skyegrid' di Balai Kartini, Jakarta.

"Dengan Skyegrid, siapa pun bisa menjadi gamer AAA, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bermain dari mana saja, kapan saja, tanpa memusingkan perangkat yang harganya mahal, juga system requirement game yang tinggi. Ya, paling tidak punya ponsel Android, itu sudah cukup."

Bayangkan, kata Rolly, untuk memainkan sebuah game tanpa Skyegrid, seseorang harus membeli sebuah konsol game, misalnya Sony PlayStation 4 (500 GB) seharga Rp3,5 juta, lalu perlu satu unit TV yang harga rata-ratanya Rp2,5 juta untuk ukuran 32 inci, belum lagi game-nya yang rata-rata seharga Rp300 ribu. Jika ditotal, seseorang tersebut harus merogoh kocek Rp6,3 juta, hanya untuk memainkan satu game. Ia perlu menambah Rp300-500 ribu lagi setiap kali ingin bermain game baru.

Fakta lain, Rolly memaparkan, ia dan timnya juga kerap mendapati orang-orang yang terpaksa berhenti bermain game semata-mata karena tidak sanggup lagi “mengejar” spesifikasi minimal (atau system requirement) yang dibutuhkan untuk bermain game-game AAA di PC. Pasalnya, untuk melakukan upgrade VGA, memori maupun prosesor pada desktop PC dan laptop, budgetnya tidaklah murah.

"Sehingga, investasi untuk bermain game terasa sangat mahal bagi sebagian orang. Sebab itu, kami akan mengubah cara pandang orang tentang bermain game dengan Skyegrid," tegas Rolly.

Skyegrid tersedia di OS Android, Windows, Mac OS, dan Xbox

Dengan berlangganan Skyegrid, siapapun bebas memilih untuk bermain di platform yang mereka mau, selama itu OS Android (ponsel pintar, tablet), Windows (laptop, desktop PC), Mac OSX (Macbook, iMac, Mac Mini), sampai Xbox One.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest