Follow Us

Dengan Sains, Pencipta Lagu "In My Life" dari The Beatles Terungkap

Fadli Adzani - Rabu, 01 Agustus 2018 | 08:10
The Beatles
thebeatles.com

The Beatles

HAI-ONLINE.COM - The Beatles, band besar asal Inggris, memberikan pengaruh yang begitu besar bagi dunia musik.

Karya-karyanya tidak hanya menjadi inspirasi tapi juga terkadang menimbulkan perdebatan.

Saat ini, pakar statistik dari Harvard Mark Glickman dan matematikawan Jason Brown, yang mana keduanya adalah fans berat The Beatles, menggunakan teknik Stylometry untuk mempertimbangkan salah satu perdebatan besar budaya pop: siapa yang menulis lagu In My Life?

CEK JUGA: Walau Kalah, Timnas Myanmar Berikan Sujud Kepada Suporter Indonesia

Stylometry telah digunakan untuk memecahkan banyak misteri besar seputar kepengarangan.

Teknik ini sebelumnya telah digunakan untuk memecahkan misteri apakah Shakespeare menulis semua karyanya sendiri, dan juga dilibatkan dalam usaha memburu Theodore "Unabomber" Kaczynski.

Seperti kita ketahui, mayoritas dari lagu-lagu The Beatles diciptakan oleh dua orang pentolannya, John Lennon dan Paul McCartney. Dua orang tersebut mempunyai ciri khas tersendiri, baik dalam tema, melodi, dan lirik dalam menciptakan lagu.

Namun, ada polemik yang menjadi perdebatan perihal penulis In My Life, sebuah lagu dari album Rubber Soul (1965), yang sering disebut sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa.

Sampai saat ini, McCartney masih menjadi nama yang diketahui sebagai penulis dari lagu tersebut. Namun, analisis statistik melodi menunjukkan sebaliknya.

“Kemungkinan bahwa In My Life ditulis oleh McCartney adalah .018, pada dasarnya cukup meyakinkan bahwa ini lagu Lennon,” kata Glickman.

Untuk mengungkap misteri ini, Glickman dan Brown memulai dengan memecah komposisi 70 lagu Beatles berbeda yang dibuat antara 1962 dan 1966 dengan pengarang yang sudah dikonfirmasi.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular