Follow Us

Salut, Pebalap Gokar Remaja Indonesia Juara di Ajang X30 Asia Tenggara 2018

Alvin Bahar - Senin, 30 Juli 2018 | 10:39
Salut, Pebalap Gokar Remaja Indonesia Juara di Ajang X30 Asia Tenggara 2018

HAI-ONLINE.COM - Pegokar muda Tanah Air yang berlaga di ajang internasional, Prassetyo Hardja, berhasil menjuarai kelas senior di ajang X30 Asia Tenggara 2018 putaran kelima yang digelar di Sirkuit Internasional Shah Alam, Malaysia pada Sabtu (28/7) dan Minggu (29/7) akhir pekan kemarin. Prass yang tiba di Malaysia sejak Kamis langsung melakukan persiapan di sirkuit. Bersama dengan tim mekanik, pemuda berusia 17 tahun ini menjalani sesi latihan bebas. Hasil yang belum maksimal di sesi latihan bebas membuat Prass lebih bersemangat untuk melakukan pengaturan pada gokar berkapasitas 125 cc yang digunakannya. Saat sesi latihan resmi dimulai, remaja kelahiran Bogor, 12 Oktober 2001 ini mengaku sudah mendapatkan pengaturan gokar yang tepat. Hasilnya, Prass mampu menduduki posisi pertama di sesi latihan resmi. Selanjutnya, Prass menjalani babak kualifikasi. Lagi-lagi, nggak banyak kesulitan yang dihadapinya—ia kembali menempati posisi pertama. Perlombaan di hari Sabtu terdiri dari Heat 1 dan Heat 2. Prass tiba di sirkuit dengan percaya diri mengingat hasil baik yang didapat di sesi latihan resmi dan kualifikasi. Benar saja, Prass berhasil jadi yang terdepan di kedua heat tersebut. Bahkan selisih waktu dengan rivalnya Amer Haris Jefry asal Malaysia cenderung jauh.

Cek: Begini Jadinya Kalo Trailer Wiro Sableng Dibuat Jadi Ala 90-an “Di hari pertama perolehan waktu saya memuaskan. Terutama saat menjalani heat 1, saya bisa menyelesaikan lomba dalam waktu 11 menit 4,070 detik atau lebih cepat tiga detik dari rival saya,” cerita Prass.

Memasuki hari kedua, Prass semakin siap menghadapi babak Pre-Final dan Final. Kali ini dengan penampilan rival-rivalnya seperti Alex Brown asal Filipina dan Dick Yu dari Hongkong yang lebih meyakinkan dari hari sebelumnya. Baik Alex dan Dick sama-sama memberikan perlawanan lebih intens yang justru membuat Prass juga semakin berkonsentrasi. Karakter aspal di Sirkuit Shah Alam yang cenderung nggak grip membuat Prass tampil lebih hati-hati, karena kesalahan kecil yang dilakukannya bisa menyebabkan lawan-lawan dapat dengan mudah menyusul. “Sirkuit di sini kurang grip, jadi saya nggak boleh agresif. Harus lebih hati-hati dalam menikung.” Ritme permainan dan kontrol yang baik pada akhirnya membuat Prass dapat mengalahkan rival-rivalnya. Meski sempat terjadi usaha susul menyusul dan catatan waktu yang sangat tipis antar para pegokar, namun kedisiplinan Prass bermain di racing line-nya membuat siswa SMA Kesatuan Bogor ini mampu mengibarkan bendera merah putih di akhir perlombaan. Rasa puas Prass nggak berhenti sampai di situ. Prass yang juga turun di kelas Super Shifter 175 cc, mampu menempati podium kedua. Ia mengaku kalo di kelas Super Shifter ini, tenaga yang dikeluarkan jauh lebih besar ketimbang kelas Senior. “Di kelas Super Shifter ini, power yang dikeluarkan gokarnya lebih besar jadi tenaga juga lebih terkuras. Ditambah lagi para rival di kelas ini lebih berpengalaman, jadi saya pun juga harus lebih siap.” “Namun saya senang karena pada akhirnya bisa berdiri di atas dua podium berbeda dan kemenangan ini kembali saya persembahkan untuk anak-anak muda di Indonesia,” pungkas Prass.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest