Follow Us

Naik Roller Coaster Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan Kita

Alvin Bahar - Minggu, 22 Juli 2018 | 15:15
Naik Roller Coaster Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan Kita

HAI-ONLINE.COM - Taman hiburan sering jadi tempat yang asyik untuk bermain. Di sana, ada banyak wahana permainan, salah satunya adalah roller coaster.Wahana yang satu ini memang memacu adrenalin kita. Sebagian besar orang yang takut ketinggian mungkin akan takut naik roller coaster.Meskipun menakutkan, ternyata bermain wahana ini bisa memberikan kita manfaat, lho.

Detak Jantung Lebih Cepat

Cek: Buaya Nggak Makan Manusia, Tapi Kenapa Mereka Suka Menyerang?Menurut penelitian, sensasi yang kita rasakan saat naik wahana roller coaster sama seperti saat kita menonton film horor.

Jantung kita akan berdetak lebih cepat, begitu juga dengan pernapasan.

Tubuh akan menghasilkan dorongan energi yang lebih besar juga karena adanya pelepasan glukosa dari dalam tubuh.Rata-rata jantung manusia berdetak 70 kali per menit.Saat kita naik wahana ini, detak jantung akan meningkat dua kali lipatnya.Membuat Kita Senang

Wahana roller coaster memang membuat kita takut.Namun, perasaan takut itu hanya akan berlangsung saat kita mengantre atau menjelang naik.Saat roller coaster sudah berjalan, kita bisa jadi akan merasa senang.Itu karena jumlah hormon endorfin dalam darah akan meningkat setelah naik wahana itu.Hormon endorfin sendiri merupakan hormon yang memicu perasaan senang.Memberikan Energi TambahanSelain hormon endorfin, naik wahana roller coaster juga memicu tubuh memproduksi hormon kortisol.Hormon kortisol bisa mengendalikan rasa stres dan menjaga tekanan darah tetap normal.Selain itu, hormon ini juga membantu tubuh menyediakan energi tambahan dengan membakar glukosa dan lemak.Dengan begitu, kita akan merasa lebih bersemangat bermain di taman hiburan setelah naik roller coaster.

Source : bobo.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest