Follow Us

Mengenang Spanyol yang Jadi Juara Piala Dunia, Hari Ini 8 Tahun Lalu

- Rabu, 11 Juli 2018 | 14:15
Mengenang Spanyol yang Jadi Juara Piala Dunia, Hari Ini 8 Tahun Lalu

HAI-ONLINE.COM - Spanyol adalah salah satu kekuatan besar di kancah sepak bola dunia. La Furia Roja hampir selalu menjadi unggulan di setiap turnamen internasional berkat skuat mumpuni jajaran pemain berkualitas yang berasal dari dua klub teras, yakni Real Madrid dan FC Barcelona.Namun, keberadaan bintang-bintang Real Madrid dan Barcelona justru menimbulkan masalah bagi pelatih.Rivalitas abadi kedua raksasa La Liga itu menghalangi para pemain untuk melebur serta bahu-membahu mengantarkan Spanyol meraih prestasi.Keadaan mulai berubah semenjak Tim Matador menjuarai Piala Eropa 2008. Pelatih Luis Aragones mampu menyatukan pemain Madrid dan Barca.Keadaan terus berlanjut saat tongkat estafet kepelatihan berpindah ke tangan Vicente del Bosque.

Cek: Benarkah Timnas Rusia Menggunakan Doping di Piala Dunia 2018?Dia sukses mengantarkan Spanyol ke partai puncak Piala Dunia 2010. Di final, Iker Casillas dkk berjumpa Belanda.Banyak yang memprediksi pertandingan bakal berjalan seru mengingat kedua tim sama-sama belum pernah mencicipi sensasi mencium trofi Piala Dunia.

Benar saja, final yang berlangsung di Stadion Soccer City, Afrika Selatan, itu menyajikan pertarungan sengit.Spanyol mengusung tiki-taka, sedangkan Belanda mengimbanginya dengan permainan pragmatis nan keras.Nggak jarang pemain Belanda bertindak kasar dan memaksa wasit Howard Webb mencabut kartu kuning. Pemain Spanyol pun ikut terpancing.Sergio Ramos bersama Carles Puyol tampak beberapa kali melakukan pelanggaran kepada Arjen Robben dkk.

Tercatat 14 kartu kuning dan satu kartu merah mewarnai partai ini. Kedudukan imbang tanpa gol berlangsung sepanjang waktu normal memaksa wasit melanjutkan pertandingan ke babak ekstra 2 x 15 menit.Di sinilah gol yang dinanti itu lahir, tepatnya empat menit sebelum berlanjut ke babak adu penalti.Gelandang Spanyol, Andres Iniesta, sukses menceploskan bola ke gawang Maarten Stekelenburg usai menerima umpan matang dari Cesc Fabregas.Skor 1-0 untuk kemenangan Spanyol bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Sontak para pemain langsung merayakan kesuksesan mereka. Tim Matador meraih trofi Piala Dunia pertama sepanjang sejarah.

Artikel ini pertama kali tayang di Juara dengan judul "JUARA Klasik 11 Juli 2010; Tabloid BOLA Saksi Hari Bersejarah Spanyol"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest