Follow Us

Wajib Tahu! Ini Dia Cara Kerja Keteng, Rantai dalam Mesin Motor

Agung Mustika - Minggu, 08 Juli 2018 | 17:45
Rantai Keteng

Rantai Keteng

HAI-Online.com - Buat motor yang pakai sistem perslening manual atau kopling, pastinya ada sistem rantai yang nyambung ke gear motor.

Gear motor sendiri ada dua, sob. Ada yang di belakang tepatnya bareng ban belakang, ada yang di depan tempatnya bareng mesin.

Nah, rantai yang bareng mesin ini biasa disebut 'keteng'. Buat yang biasanya sering bongkar pasang jeroan mesin motor pastinya nggak asing sama istilah ini.

Buat yang belom paham Untuk yang belum tahu, rantai keteng berfungsi menyalurkan tenaga dari kruk as ke noken as atau camshaft.

Dilansir dari Gridoto.com cara kerjanya rantai keteng ini, kruk as yang berputar mengikuti langkah kerja piston, akan menggerakan rantai yang terhubung dengan gear di noken as. Singkatnya, noken as ini adalah sistem buka-tutup klep.

Setelah noken as dapet tenaga dari putaran yang disalurin rantai keteng, noken as nyalurin tenaganya untuk proses buka-tutup klep.

Karena fungsinya sangat vital, jangan sampe dipakai dalam keadaan rusak. Nah, ciri-ciri keteng bermasalah biasanya timbul suara berisik, sob, di bagian mesin. Apalagi kalo jalan pelan, bakalan kedengeran banget.

Tanda berisik di bagian mesin terutama keteng itu nunjukin kalo rantai udah mulai aus. Efeknya bahaya, lho, kalo keteng lepas pas lagi riding.

Mending kalo udah berisik, buruan diganti, sob. Soalnya kalo udah rusak biaya gantinya bisa lebih mahal!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular