Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu! Ini Cara Nikung Sepeda Motor yang Benar

Agung Mustika - Selasa, 22 Mei 2018 | 11:31
Cara ngelewatin tikungan
Kompas.com

Cara ngelewatin tikungan

HAI-Online.com - Ngelewatin tikungan tajam pake sepeda motor emang nggak bisa sembarangan. Apalagi kalo jalan lagi basah.

Kalo cara ngelewatin tikugan kita salah, bisa jadi arah nikung kita nggak jelas yang bisa membahayakan pengendara lain atau jatuh nyium tanah.

Nggak bisa dipungkiri juga, kalo motor emang jadi penyumbang angka kecelakaan terbesar di Indonesia. Maklumlah, kan banyak orang Indonesia yang ngandelin banget kendaraan roda dua ini.

Dilansir dari Kompas.com, Siswanto, Instruktur Safety Riding Honda Wahana bagiin tips, nih, buat bikers, biar selamat ngelewatin tikungan.

Tapi HAI saranin, nikung di jalan aja. Jangan pacar temen lo tikung (lha). Hehehe..

“Ketika akan menikung, apabila motor dalam kecepatan di 40 kpj, posisi aman untuk melakukan pengereman setidaknya pada jarak 10 meter sebelum masuk tikungan,” ujar Siswanto.

Ini 'rumus nikung' yang bener
Kompas.com

Ini 'rumus nikung' yang bener

"Buat yang pakai motor sport jangan kebiasaan tarik kopling, langsung saja menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dan mengendurkan gas. Setelah motor ada di tikungkan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian gas lagi,” ucap Siswanto.

Siswanto juga bilang, nih, kalo banyak motor sport yang kecelakaan di tikungan gara-gara narik kopling atau nyelonong aja gitu ngelewatin tikungan. Terus, jangan pernah sekali-sekali engine brake (rem mesin) kalo lagi ngelewatin tikugan. Bahaya banget, sob!

“Skuter matik lebih enak, hanya tinggal rem dan turunkan kecepatan. Sedangkan motor bebek mekanismenya hampir sama dengan motor sport, rem sebelum masuk tikungan habis itu pindah gigi kemudian tarik gas lagi sambil menegakkan motor keluar tikungan,” lanjut Siswanto.

Source : kompas

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular