Follow Us

Penyebab Motor 2-tak Mengeluarkan Asap

Agung Mustika - Kamis, 05 Juli 2018 | 18:00
Motor 2 tak
Christian Haasz

Motor 2 tak

HAI-Online.com - Sekarang hampir semua pabrikan motor nggak lagi produksi motor sepeda motor bermesin 2-tak. Soalnya, jenis motor itu udah nggak lulus uji emisi standar Euro III.

Lebih jauh lagi, tingkat polusi udara gara-gara mesin motor 2-tak emang dianggap lebih besar daripada motor 4-tak. Hmmmm, kadar polusi motor 2-tak kasat mata, kok. Lihat aja asap yang keluar dari knalpot.

Tapi pada tahu nggak, sih, kenapa motor 2-tak bisa ngeluarin asap? Nah, ternyata penyebab mesin 2-tak yang ngeluarin asap disebabkan karena kinerja mesinnya.

Dilansir dari Kompas.com, technical and Training Service Engineer Motul Indonesia Isadat Salam menyebut, mesin 2-tak dibikin buat ngebakar habis oli di ruang pembakaran.

Ternyata penyebab mesin 2-tak bisa ngeluarin banyak asap gara-gara proses pembakaran oli samping di dalam ruang mesin.

"2-Tak itu total loss, artinya oli pasti habis. Oli di 2-Tak harus mudah terbakar karena spek mesinnya memang seperti itu," kata Salam.

Lebih jauh lagi mesin 2-tak butuh pelumasan di bagian-bagian penting kinerja motor. "Motor 2-tak memerlukan oli samping untuk pelumasan komponen mesin seperti piston, ring piston, kruk as, bearing kruk as. Oli ini ikut terbakar di ruang bakar," beber Muhamad Jaji, Servis Advisor Yamaha Harapan Motor, Pancoran Mas, Depok

Makanya perbedaan kinerja mesin inilah yang bikin oli 2-tak nggak bisa dipakai di motor 4-tak. Begitu juga sebaliknya.

Seandainya oli 4-tak dipakai ke mesin 2-tak, oli bakalan susah kebakar. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Motor 2-Tak Identik dengan Banyak Asap?"

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest