Follow Us

Nggak Sarapan Ternyata Bisa Berpengaruh ke Nilai Akademik Kamu

Agung Mustika - Rabu, 27 Juni 2018 | 15:57
Kenapa Kita Wajib Sarapan
Alvin Bahar

Kenapa Kita Wajib Sarapan

HAI-ONLINE.COM - Buat yang suka bangun kesiangan dan cabut ke sekolah atau kampus buru-buru, pasti sering banget lupa yang namanya sarapan.

Hmmm, padahal sarapan sendiri bisa memiliki pengaruh lho buat kecerdasan lo.

Menurut Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Arif Satria, orang yang nggak sarapan bisa bikin kualitas berpikir menurun, seperti kemampuan matematika dan gampang ngantuk.

Dilansir dari Kompas.com, Guru Besar Gizi Masyarakat IPB Profesor Hardinsyah juga mengatakan, melewati sarapan berarti meniadakan asupan energi di pagi hari. Padahal, energi adalah salah satu asupan penting untuk aktivitas otak guys.

Cek: Lebih Baik Makan Nasi Dulu atau Makan Buah Dulu Sih? Ini Jawabannya

"Ketika belajar, otak kita butuh energi dari kalori tadi, sehingga mampu aktifkan peran otak," kata Hardinsyah saat acara Journalist Goes To Campus dari Danone Indonesia, Bogor, Selasa (22/8).

Selain energi, menu sarapan juga harus mengandung zat gizi lain seperti vitamin, mineral, asam lemak hingga kalsium. Semua ini bisa lo dapetin dari sarapan.

"Misal seperti asam lemak esensial bagus untuk perkembangan pertumbuhan otak. Kemudian kalsium juga memiliki manfaat penting untuk tubuh," ujar Hardinsyah.

Nah, buat yang suka sarapan sereal, sebaiknya ditambah susu dan buah-buahan. Hal tersebut penting dilakukan agar porsi dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin cukup untuk tubuh.

Buat yang pengen tambah pinter, kuy sarapan biar otak bisa bekerja secara maksimal. Dan jangan lupa, belajar!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest