Follow Us

Waspada! Serangan Jantung Bisa Terjadi Kapanpun Pada Anak Muda

Bayu Galih Permana - Jumat, 22 Juni 2018 | 17:45
Ilustrasi serangan jantung
Biggies Boxers

Ilustrasi serangan jantung

HAI-Online.com - Kabar duka datang dari vokalis band Jeruji, Ginan Koesmayadi yang meninggal dunia di usia 38 tahun pada Kamis malam (21/6) akibat serangan jantung.

Dari kabar tersebut kita bisa belajar sob, serangan jantung bisa datang kapanpun entah saat kita sudah tua nanti bahkan bisa terjadi saat kita masih muda.

Jadi berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, di Indonesia, penyakit jantung koroner mencapai angka 12,1% dari populasi, bahkan penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia kurang dari 44 tahun dan sebanyak 22% dari penderita jantung usia muda itu ada di kisaran 15–35 tahun loh sob.

Siapa yang berisiko serangan jantung?

Orang-orang yang berisiko terkena serangan jantung biasanya memiliki pola hidup yang tidak sehat dan juga faktor genetika sob, seperti:

1. Obesitas

Kelebihan berat badan sangat tidak baik untuk kesehatan. Bahkan jika seseorang melakukan diet yang salah, misalnya, diet tinggi lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan sodium juga akan meningkatkan kolesterol.

CEK JUGA: Johnny Depp Ceritakan Perjuangannya Melawan Depresi dan Keuangannya

2. Perokok

Kandungan yang terdapat pada rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

3. Umur

Source : kompas.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest