Follow Us

Kisah di Balik Jersey Piala Dunia 2018 Timnas Nigeria yang Fashionable

Alvin Bahar - Rabu, 20 Juni 2018 | 13:12
Kisah di Balik Jersey Piala Dunia 2018 Timnas Nigeria yang Fashionable

HAI-ONLINE.COM - Piala Dunia 2018 sudah bergulir selama satu pekan. Jersey atau kostum resmi tim nasional Nigeria untuk Piala Dunia kali ini jadi sorotan banyak media massa dan juga masyarakat dunia. Bahkan, jersey itu sudah laris terjual sebelum turnamen empat tahun sekali itu dimulai. Padahal, Nigeria nggak termasuk negara yang dijagokan masyarakat, kalo dibandingkan dengan negara seperti Jerman, Brasil, Spanyol, Inggris, atau Perancis.Lazimnya, pendukung tim tertentu mungkin langsung mencari tahu desain terbaru jersey tim yang didukungnya. Namun, yang membuat banyak pihak melirik jersey Nigeria ini adalah desainnya yang fashionable.

Cek: Gini Jadinya Kalo Tokoh Captain Tsubasa Pake Jersey Piala Dunia 2018!Ada garis-garis di bagian badan dan lengan jersey, serta perpaduan warna hijau limau, putih, dan hitam (pada bagian lengan) yang ciamik.Nggak sekadar merilis jersey yang digunakan, Nigeria juga memperkenalkan produk fesyen lainnya, seperti jaket dan celana jogger melalui sesi foto yang temanya amat terkonsep.

Fenomena jersey Nigeria ini kemudian banyak disoroti, nggak hanya oleh media massa olahraga, namun juga media massa di bidang mode. GQ.com bahkan pernah memuat artikel berjudul “How Nigeria’s World Cup Jersey Became a Streetwear Grail”. Artikel itu hendak menggambarkan kuatnya dampak jersey Nigeria tersebut terhadap tren streetwear. Di sana dituliskan pula bahwa hype atau obsesi orang-orang dari jersey tersebut sudah seperti obsesi orang-orang terhadap sneakers.Dirilis pada 1 Juni 2018, jersey produksi Nike ini dalam waktu beberapa menit saja sudah dipesan sebanyak tiga juta buah. Jersey timnas Nigeria ini juga tercatat jadi jersey Piala Dunia 2018 terbaik menurut jajak pendapat yang dilakukan Sky Sports.Bagaimana jersey Nigeria ini jadi fenomena dimulai dari desainnya yang menarik. Terlebih kalo dibandingkan dengan jersey timnas beberapa negara partisipan yang cenderung polos dan hanya dihiasi lambang negara, seperti jersey timnas Inggris -misalnya.Desain yang dianggap berbeda tersebut kemudian menyebar di media sosial, dibahas di beberapa blog mode, hingga digunakan oleh para pesohor. Para desainer jersey Super Eagles (julukan timnas Nigeria) seolah memahami bahwa sepak bola juga bisa jadi bagian dari fesyen.Atau, senggaknya jersey layak dijadikan inspirasi gaya berbusana dan jadi barang mode mewah yang digunakan khalayak luas. Hype jersey Nigeria yang masih terus berlanjut membuat Nike berencana meluncurkan tas pinggang yang diberi nama “Nigeria Stadium Tech Hip Pack” sebagai tindaklanjut dari tingginya permintaan koleksi jersey Nigeria.Desainnya tentu saja senada dengan jersey Nigeria, yakni dengan warna dasar hitam dan motif floral hijau.

Desain termudah

Banyak orang mengira desain jersey Nigeria yang memiliki sentuhan retro tersebut melalui proses yang sulit. Namun, Direktur desain Nike FC, Pete Hoppins justru mengatakan, proses desain jersey Nigeria jadi yang paling mudah dibandingkan proses desain jersey negara lainnya oleh Nike.“Nggak sulit, justru paling mudah dan semua orang yang terlibat bersenang-senang saat mengerjakannya.""Kami bekerja bersama para pemain dan juga federasi sepak bola Nigeria untuk merealisasikannya,” kata Hoppins kepada the Fader.Menurut dia, Nigeria bukanlah negara yang memiliki pakem khusus pada kostum timnas sepak bolanya. Nggak seperti Brasil dengan warna kuningnya atau Inggris dengan warna putih. Nigeria juga bukan negara yang timnas sepak bolanya dijadikan jagoan utama oleh para penggemar sepak bola, baik dari segi performa maupun kostumnya.Sehingga, tim desainer kostum mereka merasa nggak memiliki beban saat bereksplorasi menciptakan kostum tersebut.Nike melihat Nigeria menurunkan banyak pemain muda pada skuat Piala Dunia 2018 dan mereka dinilai memiliki semangat untuk maju. Semangat para pemain muda itulah yang dituangkan ke dalam kostum. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya anak muda yang jadi penggemar sepak bola dan menyaksikan Piala Dunia. Hoppins menilai kesuksesan jersey Nigeria nggak lepas dari momentum peluncurannya yang dianggap tepat.Sebab, para penggemar sepak bola generasi sebelumnya mungkin saja nggak menyukai desain tersebut dan lebih menyukai desain konvensional, seperti kostum Brasil atau Inggris.Namun nggak bagi para penggemar sepak bola muda yang cenderung menyukai desain dinamis. Menurut dia, nggak sedikit orang yang kemudian mendukung timnas Nigeria karena menyukai kostumnya. Desain yang nggak hanya mempertimbangkan performa bahan tersebut juga menyesuaikan kondisi agar para penggemar sepak bola nggak sekadar menggunakannya untuk menonton pertandingan sepak bola, tapi lebih pada keseharian.“Seringkali, jersey memiliki kisah yang menarik di belakangnya, namun nggak semua orang mau mengenakannya karena lebih seperti seragam.""Sekarang mungkin banyak perusahaan lain ingin melakukan inovasi seperti yang kami lakukan dan membuat produk sepak bola yang bisa digunakan lebih luas hingga ke bidang fesyen dan budaya,” ujar Hoppins.

Artikel ini sebagian dikutip dari Kompas.com dengan judul "Jersey Sepak Bola dan Dunia Fesyen..."

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest