Follow Us

Waktu yang Tepat Lihat Mars, Venus, dan Jupiter di Langit Indonesia

Bayu Galih Permana - Senin, 18 Juni 2018 | 11:00
Penampakan bulan sabit dan planet Venus di langit sebelah Barat. Bulan Juni ini kondisi langit cerah dan dapat menyaksikan benda langit dengan mata telanjang.
kompas.com

Penampakan bulan sabit dan planet Venus di langit sebelah Barat. Bulan Juni ini kondisi langit cerah dan dapat menyaksikan benda langit dengan mata telanjang.

HAI-ONLINE.COM- Seperti yang kita tahu sob, Planet Venus, Mars, dan Jupiter terlihat cemerlang di langit yang bersih pada bulan Juni ini.

Nah, pelajar, mahasiswa atau masyarakat yang meminati pengamatan benda-benda langit dapat dengan mudah mengembangkan minatnya ini.

“Di langit bagian barat terlihat bulan sabit dan Planet Venus bisa kita saksikan saat menjelang malam,” kata Fatuhry Syabani, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, Senin (18/6/2018).

Fatuhry menjelaskan, pada pengamatan hari Minggu malam, posisi Planet Venus berada di bagian bawah bulan di langit bagian barat.

CEK JUGA: Ini 6 Fakta tentang Luar Angkasa yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Pelajar dan masyarakat yang menyukai pengamatan astronomi dengan mudah bisa menyaksikan fenomena alam ini.

Dia menambahkan, penampakan Planet Mars yang dikenal sebagai “planet merah” itu terlihat di langit bagian timur pada sekitar 20.30 WIB.

“Saat ini langit sangat cerah di musim kemarau, ini cocok untuk pengamatan benda langit. Bisa menjadi sarana mengenalkan dunia astronomi kepada anak-anak,” ujar Fatuhry Syabani.

Penampakan Planet Jupiter dapat disaksikan juga.

Pada saat matahari mulai tenggelam magrib, Jupiter sudah bisa dilihat di sebelah timur, posisinya sudah meninggi.

Pada pukul 20.00 WIB, Jupiter sudah berada di zenith, di atas kepala. Pengamatan menggunakan teleskop akan memperjelas keberadaan planet-planet yang mengitarinya.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul"Saatnya Lihat Planet Mars, Venus dan Jupiter dengan Mata Telanjang"

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest