Follow Us

Hari ke-5 Magang di HAI: Pramoedya Ananta ‘Tour’

HAI Internship - Kamis, 31 Mei 2018 | 11:00
Anak Magang HAI
Anak Magang HAI

Anak Magang HAI

HAI-ONLINE.COM - Hai! Akhirnya gue kebagian dapet nulis blog. Nama gue Sebas, dan gue tinggal di Bekasi. Pada kaget kan gue masih hidup setelah 5 hari magang? Untungnya di depan komplek rumah gue ada halte “bayangan” atau halte kw gitu jadinya gue ke Kebon Jeruk bisa naik busway.

Tapi setiap hari entah kenapa rute berangkat gue selalu beda-beda, HAHAHA. Gue keliling Jakarta setiap hari udah kayak di series The Amazing Race. Tapi akhirnya gue bisa sampe ke kantor dalam waktu 30 menit. Tambah 2 jam lagi sih, hehe.

Hari ini kita dikasih artikel cuma 1 doang, karena kita mau ke pameran Pramoedya Ananta Toer di dia.lo.gue Kemang!

Anak Magang HAI
Anak Magang HAI

Anak Magang HAI

CEK JUGA: Beredar Surat Lulusan Sekolah yang Nge-prank, Lulus Seakan-akan Nggak Lulus!

Yey, akhirnya keluar kantor. Walaupun jujur aja gue nggak pernah denger atau baca karya Pramoedya karena ya, judge me , gue tipikal anak milenial yang kerjanya vlogging di snapgram untuk followers gue yang sangat dikit. Jadi untuk mempersiapkan diri, gue buka Wikipedia dulu dan gue research semua yang bisa gue hafal tentang Pramoedya. Hehe emang curang sih, tapi biar nggak keliatan bodo-bodo amat haha.

Sesampai di dia.lo.gue (dan telah melewati jalanan Blok M yang sangat macet dan membuat gue berpikir apakah gue ke Bekasi lebih cepet jalan kaki). Gue kaget ternyata kita mau diwawancara dulu sama tim HAI seberapa tau kita tentang Pramoedya. Untung gue udah research! Karena gue orang yang cepet ngafal, jadi gue acting aja kalo gue udah tau Pramoedya dan eyang-eyangnya. I’m so good at pretending.

Anak Magang HAI
Anak Magang HAI

Anak Magang HAI

Di dalam pamerannya, ditampilin banyak banget surat-surat dan tulisan yang ditinggalkan Pramoedya.

Ada juga kronologis kehidupan dia dari lahir sampai meninggal, dengan semua penderitaan yang dihadapi Pramoedya. Ternyata perjalanan hidupnya itu semenarik itu, ya! Karya-karya yang bertema perjuangan, penjajahan, dan politik itu sangat tegang untuk dibaca, apalagi banyak karyanya dia yang dilarang rilis dan ada yang sampai dibakar.

Anak Magang HAI
Anak Magang HAI

Anak Magang HAI

Setelah baca semua cerita-cerita dan biografi singkat Pramoedya, kita foto-foto di tangga dia.lo.gue yang udah diinjek sejuta umat ini. Yang lain pada foto-foto di banner quotesnya Pramoedya, gue malah foto-foto sendiri di tembok dia.lo.gue HAHA. Dan ternyata toiletnya pun dicover sama wallpaper buku-buku Pramoedya.

Anak Magang HAI
Anak Magang HAI

Anak Magang HAI

Setelah selesai foto-foto, gue akhirnya pulang naik gojek ke tempat bukber temen-temen gue. Pokoknya hari ini asik deh, selain gue nggak ngabisin waktu gue dengan streaming Suits dan Law & Order, gue bisa nambah pengetahuan tentang salah satu pengarang dan sastrawan notable dan paling terkenal di Indonesia.

(Sebastian Sormin)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest