Follow Us

SBMPTN Bukanlah Akhir Dari Segalanya

Rizki Ramadan - Kamis, 31 Mei 2018 | 16:00
SBMPTN Bukan Segalanya

SBMPTN Bukan Segalanya

HAI-online.com - Kalau udah kelas XII dan mikirin kuliah, para siswa SMA tuh kayak dipakaikan kaca mata kuda agar satu-satunya yang dituju adalah perguruan tinggi negeri.

Gimana nggak, di sekolah ada baliho gede yang nampilin sejumlah alumni kebanggan yang bisa masuk PTN, saat lagi di kelas temen-temen cerita betapa kerennya kalau bisa pake jaket kuning UI, terus, pas pulang sekolah, dikasih brosur bimbel dengan segala jaminannya yang seolah-olah ngasih tahu “Yakin lo nggak mau masuk PTN? Senggaknya coba dulu lah.”

Ada banyak alasan mengapa PTN segitu diminatinya. Tapi yang paling utama adalah karena mahasiswanya pasti dianggap spesial, karena mereka jadi orang terpilih dari sekian ratus ribu orang yang daftar tesnya. Ada kebanggaan tersendiri kalau bisa ngaku anak UI, ITB, atau Unpad.

Nggak ada salahnya sih punya ambisi besar untuk ngejar PTN. Tapi celakanya, banyak tuh pelajar yang terlalu terobsesi sama kuliah di PTN sampe-sampe melupakan esensi kuliah (baca: belajar) itu sendiri. Nggak sedikit juga yang pengen masuk PTN, untuk nebeng nama, biar keliatan keren gitu.

“Jangan masuk PTN karena sekedar nebeng nama universitasnya dan milih PTN top karena biar ngerasa keren dan ngerasa bakal gampang diterima (kerja),” Kata Ina Liem, konsultan pendidikan pendiri Jurusanku.com, “Kalau yang dicari ilmu, itu nggak terbatas di perguruan tinggi swasta atau negeri.”

Savage! Bener banget tuh kata bu Ina. Karena itu, lewat laporan utama bulan Mei ini, HAI mau ngebahas tentang piliihan-pilihan alternatif kuliah selain lewat jalur SBMPTN yang bakal diumumkan hasilnya 3 Juli mendatang.

HAI pasti mengucapkan selamat untuk kalian yang lolos SBMPTN, tapi HAI juga nggak mau kalian yang gagal jadi hopeless. HAI bakal kasih sejumlah pilihan jalur lain yang bisa kamu pilih. Masih ada jalur mandiri, bahkan ada yang nggak mesti tes, lho, cukup ngasih nomor SBMPTN kita.

HAI juga bakal menceritakan sejumlah keunggulan kampus swasta biar kamu nggak terus-terusan memandang sebelah mata.

Tapi, dari semua alternatif yang ada, ada juga jalur-jalur gelap nan curang untuk masuk PTN yang jangan sampe kamu pilih. HAI bakal menceritakannya juga, tapi kamu mesti baca dengan kritis yah. Kamu mesti tahu biar dan syukur-syukur sih jadi turut punya semangat untuk memberantasnya kemudian.

Kalau ibaratnya rencana kuliah adalah semesta ini dan pilihan jalurnya adalah para superheroes, maka jangan khawatir ketika Thanos menghancurkan salah satunya. Masih ada Thor, Iron Man, Hulk, dan Rocket yang bisa membantumu melanjutkan kuliah. Hehe

Semangat, bro!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest