Follow Us

7 Pelajaran dari Film Superhero yang Bermanfaat Buat Hidup Kita

Alvin Bahar - Senin, 21 Mei 2018 | 15:15
7 Pelajaran dari Film Superhero yang Bermanfaat Buat Hidup Kita
Eko/HAI

HAI-ONLINE.COM - Meski punya kekuatan super, pada dasarnya semua superhero tetaplah manusia biasa. Bahkan Superman pun, meski lahir di Planet Krypton, punya kisah sendiri di Bumi. Yang lebih penting, dalam setiap kisah film superhero yang terkesan nggak nyata itu, sebenarnya ada pelajaran dan nilai-nilai positif yang bisa kita ambil lho. Ini tujuh di antaranya, dikutip dari Huffington Post dan Kompas.com:

Dok. Outnew

1. Kita semua punya alter ego

Clark Kent juga Superman, Peter Parker adalah Spiderman, sementara Bruce Wayne adalah Batman. Setiap superhero punya alter ego, sisi lain dari diri mereka yang keluar tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Kita pun demikian. Bisa berpikir, merasa, dan bertindak berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Tentu kita akan berbeda saat berhadapan dengan guru di sekolah, dan dengan pacar saat nonton bioskop. Tampil maksimal sesuai dengan situasi tertentu akan memberikan manfaat!

Dok. Warner Bros

2. Kita adalah apa yang kita pakai

Kostum sejumlah superhero yang superketat atau bervariasi bentuknya, pada dasarnya ngasih pemahaman bahwa apa yang kita pakai menentukan identitas kita. Sadar nggak? busana yang kita kenakan turut menentukan bagaimana orang lain bersikap. Kalo tampil atraktif, maka interaksi dengan orang lain akan sangat mudah menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Jadi pilih busana (kostum) dengan bijak ya.

Cek: 5 Game Terkenal Ini Ternyata ada Versi Jiplakannya di China!

3. Kita semua berbeda

Kisah The X-Men atau The Avengers ngasih gambaran kalo setiap orang bisa aja berbeda, namun unik dengan kelebihan masing-masing. Nggak hanya berbeda karena atribut tapi juga karena kemampuannya. Beda pula kepribadian baik dari minat, bakat, hingga motivasi. Yang utama kemudian adalah bagaimana memanfaatkan keunikan itu untuk tujuan yang positif.

4. Tampil berbeda dengan kelebihan

Berbeda dalam hal ini bukan berarti merasa eksklusif, tetapi bagaimana memanfaatkan kelebihan itu untuk hal yang positif. Seperti superhero yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Caranya, temukan keunikan atau kelebihan yang kamu miliki, dan arahkan untuk hal yang positif. Akan lebih baik kalo digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak!

Dok. Marvel Studios

5. Momen pahit jadi pelajaran bermanfaat

Bruce Wayne punya kenangan pahit dengan orang tuanya, begitu juga Peter Parker dengan kematian pamannya. Namun dari situlah kejiwaan mereka terbangun dengan baik. Setiap diri kita pastinya punya satu masa pahit yang dilalui, dan kadang menghantui. Yang baik adalah berani menghadapinya dan melewati dengan baik. Selalu ada nilai positif dari setiap kejadian yang dialami, termasuk yang pahit atau menyakitkan sekalipun.

6. Sekuat apapun, hidup pasti ada masalah

Superman, Thor, dan Professor X, dengan kekuatan yang maha dahsyat yang dimiliki, bukan berarti membuat hidup mereka nyaman-nyaman saja. Begitu juga kita. Hidup nggak mudah, namun bukan berarti nggak bisa dihadapi. Serumit apapun masalah, pasti ada jalan keluarnya. Asalkan terus mencoba mencari solusi dan bangkit lagi dan lagi. Kemampuan menghadapi masa sulit dan melepas beban adalah kemampuan yang setiap orang bisa miliki.

Dok. Marvel Studios

7. Hadapi ketakutan

Apa ketakutan terbesar yang pernah kamu alami? Hadapi aja lah. Karena terus-terusan menghindar dan berlari dari rasa takut nggak akan menyelesaikan persoalan. Setiap superhero menghadapi musuh jahat dengan mempelajari hal-hal baru. Seenggaknya kita pun bisa demikian.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest