Follow Us

Lupakan Yanny Laurel, Coba Denger Klip Audio Ini, Green Needle atau Brainstorm?

Alvin Bahar - Jumat, 18 Mei 2018 | 11:36
Lupakan Yanny Laurel, Coba Denger Klip Audio Ini,  Green Needle atau Brainstorm?

HAI-ONLINE.COM - Pada (16/5) sebuah klip audio viral di dunia maya, dan memecah belah manusia-manusia malang yang mendengarnya. Sebagian meyakini apa yang ia denger “Yanny”, tapi yang lain bilang “Laurel”.

Nah, nggak lama setelah kontroversi Yanny Laurel, muncul klip audio serupa yang sama ngeselinnya.

Suara tersebut muncul dari mainan serial Ben 10. Kalo diputar, kamu bisa mendengar "Green Needle" atau "Brainstorm". Malah, ada juga yang denger "Brain Needle."

Kenapa bisa begini? Kayaknya sih, nggak beda dengan fenomena Yanny Laurel.

Dikutip dari CNET, beberapa peneliti setuju kalo rekaman tersebut terlalu ambigu. Secara teori, orang bisa mendengar suara yang berbeda dari audio tersebut, tergantung frekuensi yang mereka dengar.

Cek: Ini Dia Perbedaan Kostum Superhero Marvel di Film dan Komik! Orang yang bisa mendengar frekuensi tinggi, akan mendengar “Yanny”. Sedangkan yang mendengar frekuensi rendah, bisa dengar “Laurel”.

Bukan berarti kalo kamu bisa dengar frekuensi rendah saja ada yang salah dengan pendengaran kamu atau sebaliknya. Soalnya, semuanya tergantung alat yang kamu gunakan untuk mendengar audio tersebut. Namun ada kemungkinan dua orang yang memutar audio tersebut mendengar kata yang berbeda, karena telinga semua orang berbeda.“Jika saya potong telinga kamu dan ditempatkan ke kepala orang lain, suara yang dia dengar bisa berbeda,” kata Howard Nusbaum, psikologis yang meneliti speech science di University of Chicago, kepada Gizmodo.Anyway, hal kayak “Yanny or Laurel” dan "Green Needle - Brainstorm" ini bukan yang pertama kalinya. Fenomena ini mirip dengan “The Dress” yang viral beberapa tahun lalu. Saat itu, netizen terpecah jadi tim dress biru dan dress emas.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest