Follow Us

Sering Iri dan Cemas Saat Buka Instagram? Kamu Mungkin Mengalami Instagramxiety. Ini Cara Mengatasinya

Rizki Ramadan - Selasa, 15 Mei 2018 | 11:00
Cemas gara-gara Instagram

Cemas gara-gara Instagram

HAI-online.com - Instagram adalah media sosial yang paling digunakan remaja saat ini. Di satu sisi, Instagram, sebagaimana media sosial lainnya, membuat kita bisa bebas mengekspresikan diri. Tapi di satu sisi, ajang mengekspresikan diri ini kerap melahirkan gejala-gejala psikologis yang kurang baik, salah satunya adalah rasa cemas.

Melihat posting orang-orang lain di Instagram ternyata berpotensi bikin kita merasa lelah, stres, cemburu bahkan jadi benci sama diri kita sendiri.

Melihat temen bisa pakai tas ransel bermerk, foto dengan ceweknya yang cakep dan makan enak di restoran mahal; atau melihat kehidupan para selebriti yang seru banget, teryata bisa bikin kita membandingkan diri dan berusaha untuk menyamai kehidupan mereka itu. Kalau kita nggak kuat mental, ketika kita sebenernya nggak mampu mengikuti, kita jadi cemburu dan stres, sob.

BACA JUGA: Cowok Mesti Tahu, Ini 2 Tingkat Kecanduan Masturbasi dan Cara Mengatasinya

“Sebelumnya kita hanya dapat melihat beberapa orang setiap saat. Hari ini, pengguna Instagram rata-rata dapat melihat ratusan kehidupan orang lain,” kata Cal Strode, juru bicara Yayasan Kesehatan Mental.

Pun sudah terbukti dari riset yang dilakukan tahun lalu oleh The Royal for Public Health. Instagram terbukti jadi media sosial yang paling berisiko bagi anak muda, entah itu dari persespi bentuk tubuh, tidur, dan rasa kecemasan.

Apa Yang Perlu Dilakukan?

Jika kecemasan yang kamu rasakan sudah semakin terasa sering, maka kamu perlu puasa dulu, tuh dari Instagram dan fokus pada kehidupan yang kamu jalani.

Tapi, kalau kecemasan itu masih dalam tahap wajar, kamu bisa mengantisipasinya dengan mengatur ulang siapa yang kamu follow. Nggak ada salahnya, toh, untuk unfollow seseorang untuk sementara waktu?

Nah, sebagai gantinya, carilah akun Instagram yang bisa membuat kamu merasa positif atau bahkan tertawa.

Jangan Asal Curhat

Salah satu kebiasaan kita sekarang ini lainnya adalah curhat masalah pribadi di akun Instagram yang difollow banyak banget orang. Well, awalnya kamu akan merasa lega, sih, tapi setelahnya kamu bakal mulai kepikiran siapa-siapa saja orang yang like curhatan kamu itu serta komentar asal yang ditulis orang-orang.

Karena itu, jika kamu ingin curhat masalah personal pastikan dulu bahwa akun dan pengikutmu adalah "safe place". Menggunakan fitur "Close Friends" yang ada di Instagram bisa jadi salah satu caranya.

Akhir kata, Instagram itu bukan sesuatu yang mesti kita hindari, karena toh banyak banget manfaat yang bisa kita dapet dari situ. Tapi, kita tetap harus pinter-pinter menggunakannya.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest