Follow Us

Ternyata Orang-orang Kreatif Cenderung Menderita Bipolar dan Depresi

Alvin Bahar - Jumat, 11 Mei 2018 | 18:48
Ilustrasi bipolar

Ilustrasi bipolar

HAI-ONLINE.COM - Menurut penelitian terbaru, 90% orang kreatif lebih berisiko mengidap penyakit mental seperti skizofrenia, bipolar, dan depresi.Studi yang dilakukan para peneliti dari King’s College ini menyatakan bahwa ketiga penyakit mental tersebut sering dialami oleh orang-orang yang memiliki gelar di bidang seni.Dari hasil catatan medis seluruh penduduk Swedia, diketahui bahwa mereka yang mempelajari musik, drama, dan seni lainnya di universitas, cenderung memiliki masalah kejiwaan dibanding mahasiswa yang nggak mengambil jurusan tersebut.Beda cara berpikirPenelitian sebelumnya menunjukkan, otak orang-orang kreatif memang bekerja dengan cara berbeda. Peneliti menduga, inilah yang membuat mereka rentan terhadap penyakit mental.Dr. James McCabe, pemimpin penelitian ini, mengatakan: “Kreativitas sering melibatkan ide atau konsep yang nggak pernah dipikirkan orang lain. Itu mirip dengan bagaimana halusinasi bekerja.”Ia menambahkan, susunan genetik yang membuat seseorang jadi kreatif, mungkin terkait dengan faktor-faktor penyebab masalah kesehatan mental.

Cek: Mau Terhindar dari Depresi? Ayo Dekat dengan Alam Lebih lanjut, studi ini menunjukkan bahwa 62% orang-orang kreatif lebih mungkin dirawat di rumah sakit karena gangguan bipolar. Sementara, 39%-nya karena depresi. Rawat inap untuk kondisi tersebut biasanya terjadi pada mereka yang berusia 30-an.Meskipun begitu, ada kekhawatiran mengenai definisi orang-orang kreatif yang dimaksud dalam penelitian ini. “Saya rasa kurang ideal karena banyak orang-orang kreatif justru nggak mempelajari seni,” kata dr. Shelley Carson, dari Harvard University.Menurut McCabe, oang-orang yang tertarik pada hal artistik – meskipun bukan seniman – juga berisiko mengalami kenggakstabilan emosi.“Seseorang yang mudah tersentuh hatinya atau menangis ketika melihat lukisan, memiliki kepekaan artistik yang lebih tinggi. Namun, ia juga rentan terhadap depresi,” kata dr. McCabe.Penelitian ini dipublikasikan pada The British Journal of Psychiatry.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Peneliti: Orang-orang Kreatif Cenderung Mengidap Bipolar dan Depresi"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest