Follow Us

Apa Sih Bedanya Diving dengan Snorkeling? Ini Dia Jawabannya

Dewi Rachmanita - Jumat, 11 Mei 2018 | 17:03
Diving (Foto:Kompas.com)
Hai Online

Diving (Foto:Kompas.com)

HAI-ONLINE.COM - Bagi lo yang berniat berlibur ke pantai dan ingin melakukan diving atau snorkeling, ada baiknya tahu dulu nih apa sih beda dari dua aktivitas itu. Keduanya memang sama-sama aktivitas untuk melihat keindahan dunia bawah laut, tapi banyak loh perbedaannya.

Nih, HAI kasih tau 5 hal yang membedakan diving dengan snorkeling

1. Beda teknik dasar

Yap, dari hal teknik dasarnya aja udah beda loh antara diving dengan snorkling. Kalau diving itu merupakan aktivitas menyelam di bawah laut. Diving sendiri pun ada yang free diving dan scuba diving. Perbedaannya ialah, free diving digunakan tanpa alat sehingga membutuhkan teknik pernapasan yang baik, sedangkan scuba diving dengan peralatan khusus.

Diving (Foto:Kompas.com)
Sedangkan snorkeling sendiri mirip berenang di permukaan laut dan melihat apa yang ada di bawahnya. Nggak perlu punya teknik selam untuk melakukan aktivitas ini bro, cukup bisa berenang aja. Malah biasanya pakai pelampung kok

Snorkeling (Foto:Kompas.com)
2. Kedalaman laut

Karena aktivitas snorkeling berada di permukaan laut, oleh karena itu kedalaman laut tergolong dangkal. Biasanya maksimal hanya 5 meter.

Sedangkan diving, jauh lebih dalam ketimbang spot-spot snorkeling. Mulai dari belasan, sampai puluhan bahkan ratusan meter.

Cek: Benarkah Ganja Sangat Berbahaya untuk Remaja, Atau Cuma Lebay?

3. Peralatan

Sesuai namanya, snorkeling membutuhkan alat bernama snorkeler. Alat itu sendiri berbentuk seperti huruf "J" atau "L". Selain itu ada fin juga yang bisa digunakan untuk lebih memudahkan lo berenang.

Kalau free diving, lo nggak perlu banyak alat bro. Biasanya hanya diving mask aja tanpa ada alat bantu pernapasan. Sedangkan scuba diving baru deh butuh banyak alat. Contohnya baju diving khusus, diving mask, tabung oksigen, regulator, oktopus, pressure gauges, BCD, Weight belt, fins, dan deep gauges

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest