Follow Us

Ini Dia Supaya Doyan Baca Buku. Nggak Harus Pake Target Kok!

Agung Mustika, Rian Sidik - Jumat, 11 Mei 2018 | 04:00
Membaca di kereta juga boleh sih kalo jam 20.30 belom nyampe rumah
Hai Online

Membaca di kereta juga boleh sih kalo jam 20.30 belom nyampe rumah

HAI-Online.com - Yang ngaku suka baca buku mana suaranya? Hehehe, yang buat ngerasa suka baca, ingat nggak buku apa dan kapan lo terakhir baca buku? Kalo lupa, it's fine.

Baca buku bikin kita jadi banyak tahu. Sayangnya nggak semua orang suka baca dan nyediain waktu buat baca buku. Nggak usah buku, deh, baca majalah, koran, atau media online langsung ke portal beritanya aja bisa jadi kita jarang ngelakuin.

Kebiasaan baca emang nggak bisa dateng macam Mr. Bean jatoh dari langit. Tapi buat bangun kebiasaan baca ternyata nggak susah, lho. Dilansir dari Kompas.com, cara yang paling gampang buat suka baca adalah membaca apa yang kita suka, atau hobi, bahkan kesukaan kita.

"Kita mulai baca dari hal yang kita senang. Misalnya, hobi handicraft. Carilah artikel, majalah atau buku yang membahas soal handicraft," kata Marketing Communication Periplus, Antonius Yanua dilansir dari Kompas.com.

Kalo udah terbiasa, bidang yang kita baca tinggal diperluas. "Kalau dulu mungkin buku-buku bergambar. Zaman saya mungkin Donald Bebek. Orangtua saya beliin Bobo. Sudah suka, baru ditingkatkan. Jadi mulai dari yang kita suka," tuturnya.

Nggak cuma itu, suka baca itu sebenarnya bisa ditularin, lho. Sederhananya gini, deh, apa yang bikin Es Kepal Milo menjamur di mana-mana? Karena makanannya viral. Es Kepal Milo nular dari satu orang ke orang lain cuma pakai media sosial. Ada orang yang jadi 'trigger' buat ngeviralin Es Kepal Milo.

Sama halnya kayak kebiasaan membaca. Ada juga orang-orang yang jadi 'trigger' buat orang lain buat suka baca. Entah itu guru, dosen, gara-gara harus bikin skripsi makanya jadi suka baca. Buat lo yang masih nggak suka baca, mungkin lo belom ketemu orang yang bisa men-'trigger' lo biar suka baca.

Soal minat baca, hal yang sama juga pernah diomongan Komika asal Indonesia, Pandji Pragiwaksono. Lewat vlog-nya, Pandji pernah ngungkapin kenapa banyak orang susah nemuin cara buat suka baca.

"Bisa jadi selama ini kita menanyakan pertanyaan yang salah. Makanya nggak pernah ketemu jawabannya," jelas juri Stand Up Comedy Indonesia ini. Lebih lanjut yang terpenting itu nemuin apa yang jadi minat dan kesukaan kita.

"Kalo kita udah minat sama sesuatu, informasi apa pun bakal kita sikat. Karena ada kebutuhan buat memenuhi informasi itu," terang Pandji.

Kebiasaan membaca, juga nggak perlu ditargetin. Terkadang, target malah ngeberatin dan bikin orang malas mbaca. Yang perlu kita lakuin itu nemuin 'golden time' buat membaca. 'Golden time' yang dimaksud adalah nemuin waktu favorit buat baca buku.

Misalnya, waktu bangun pagi, jam istirahat, malam menjelang tidur, atau waktu lainnya. Dengan pola seperti itu, kita bisa namuin kesenangan di balik membaca buku dan akhirnya bakal terbiasa.

Buat yang ngerasa belum suka baca, yuk, mulai cari apa yang jadi minat lo. Nggak rugi kok nyediain waktu buat baca buku.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular