Follow Us

Ini 10 Fakta tentang Nike yang Mungkin Belum Banyak Orang Tau!

- Rabu, 25 April 2018 | 13:30
Nike Air Jordan
Hai Online

Nike Air Jordan

HAI-Online.com - Sebagai sebuah brand terkenal, Nike tentu punya banyak fakta di baliknya. Nggak jarang, banyak fakta yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Nah, HAI sudah rangkum 10 fakta soal Nike yang mungkin lo belum tahu. Langsung cek, guys!

UDAH TAU JUGA BELUM NIH? Unik! Ini Dia Penampakan Sepatu yang Terbuat dari Permen Karet

1. Awalnya dikenal dengan nama "Blue Ribbon Sports"

Sebelum tenar dengan nama "Nike", brand ini mengawali industrinya dengan nama "Blue Ribbon Sports" yang kantornya berada di Oregon. Nike sendiri didirikan pertama kali pada 25 Januari 184 oleh Philip Knight dan Billy Bowerman. Philip Knight pun merupakan seorang pelari loh dan Billy Bowerman merupakan pelatihnya.

Pada awal berdirinya, Nike.Inc menjadi perusahaan distributor sepatu dari Jepang, yakni Onitsuka Tiger. Hubungan mereka pun terus terjalin sampai 1971. Lalu, pada 1971 Nike mulai membuat produk sendiri dengan nama brand Nike yang dicetuskan Jeff Johnson. Bill Bowerman dan Philip Knight membutuhkan sekitar Rp16,7 juta.

2. Nama "Nike" berasal dari bahasa Yunani

Pernah sangka nggak sih ternyata nama "Nike" diambil dari bahasa Yunani? Bener bro dan artinya itu kemenangan. Jadi, dalam sejarah bangsa Yunani ada nih Dewi Nike yang merupakan dewi kemenangan atau keberhasilan. Bill dan Philip selaku pendiri pun berharap dari nama "Nike" itu brand mereka bisa berhasil dan memberi kemenangan buat semua orang serta menjadikan mereka seorang pemenang.

3. Logo "Swoosh" buatan mahasiswa

Yap, logo "swoosh" khas Nike yang sekarang kita kenal itu dibuat oleh mahasiswa desain grafis, yakni Carolyn Davidson. Mahasiswa asal Portland State University itu mendapat inspirasi dari sayap Dewi Kemenangan Yunani. Sewaktu awal mendesain logo tersebut, Carolyn Davidson diberi bayaran sekitar Rp487.000,00. Makna logo "swoosh" itu sendiri ada berupa kecepatan dan gerakan.

4. Slogan "Just Do It" terinspirasi dari pembunuhan berantai

Nggak salah kok bro, memang benar kalau slogan "Just Do It" yang dipakai Nike sampai sekarang terinspirasi dari suatu pembunuhan berantai Gary Gilmore. Kata-kata "Just Do It" tersebut merupakan ucapan terakhir Gary Gilmore sebelum dieksekusi mati.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest