Follow Us

Cerita Alvin, Bocah Kelas 2 SD Yang Berani Naik KRL Sendiri Dari Parung-Jakarta Demi Bersekolah

Rizki Ramadan - Rabu, 25 April 2018 | 02:45
Alfiansyah, 8 Tahun, Bocah yang selalu naik kereta sendiri untuk sekolah
Rizki Ramadan

Alfiansyah, 8 Tahun, Bocah yang selalu naik kereta sendiri untuk sekolah

HAI-online.com - Kenalin, nih, Alfiansyah atau akrab disapa Alvin. Doi lagi sering dibicarakan karena keberaniannya pulang-pergi sekolah dari Parung ke Jakarta naik KRL. SENDIRIAN!

Alvin sekarang ini baru kelas 2 SD di SDN Kebon Kacang 02 Jakarta Pusat. Ia rela pulang-pergi naik KRL sendiri biar ibunya nggak usah nganter dan fokus jaga adeknya yang masih kecil.

"Awalnya saya antar (selama) dua hari sejak (kami) pindah ke Parung. Habis itu dia mungkin lihat saya bawa adeknya yang kecil, nungguin dia pulang sekolah. (Dia bilang) 'Ma, Mama di rumah saja sama adek, Alvin ke sekolah sendiri saja," kata Lasma.

Setiap hari, Alvin yang sekolah dari pukul 13.00-17.00 mesti jalan kaki dulu selama tiga puluh menit untuk menuju stasiun dari rumahnya. Ongkos yang ia bawa cuma Rp 4.000 setiap hari. Itu pun dia sendiri agar dipaskan saja dengan ongkos naik kereta

BACA JUGA: Cerita Bocah 12 Tahun Dari Australia Yang Kabur Ke Bali Setelah Berantem Dengan Ibunya. "Saya mau bertualang!"

"Dia ngerti kalau orangtuanya lagi enggak ada uang, misalnya punya Rp 10.000, (dia bilang) 'Ma, Rp 4.000 saja. Enggak apa-apa, sisanya buat Mama.' Biasanya untuk ongkos pulang dia dikasih saudaranya yang di Jakarta," kata Lasmawati (38), ibu Alvin, kepada Kompas.com

Kebiasannya itu sudah ia lakukan selama 7 bulan terakhir ini, lho, sebelum akhirnya Alvin dan keluarganya pindah ke Rumah Susun (Rusun) Bendungan Hilir di Jakarta pusat yang deket dengan sekolahnya.

Awalnya, sang ibu khawatir karena biasanya Alvin sampai rumah pukul 21.00. Tapi, karena ia melihat keberanian Alvin, ibunya pun berani pula melepasnya .

Untungnya, Alvin nggak pernah mengalami kejadian apa pun yang nggak diharapkan. Bahkan, ia sering dapet bantuan dari penumpang KRL lain.

"Dia kadang suka diajak orang. Dia awalnya takut karena orang asing, kan. Sama yang nganter kadang suka dikasih ongkos atau makan. Tetapi, enggak dipakai sama dia, pasti dibawa pulang, dikasih ke mamanya," kata Lasma.

Bercita-cita Jadi Masinis

Tiap kali naik kereta, Alvin milih duduk di gerbong perempuan. Selain peluang untuk duduknya lebih besar, ia juga merasa lebih aman dan selalu diperlakukan baik oleh petugas kereta dan penumpang lainnya.

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest