Follow Us

Ternyata, Ada 8 Jenis Kecerdasan Yang Bisa Dimiliki Manusia. Kamu Yang Mana?

Rizki Ramadan - Selasa, 24 April 2018 | 11:45
5 Hal yang Dapat Membuat Kecerdasan Otak Kita Menurun
Rizki Ramadan

5 Hal yang Dapat Membuat Kecerdasan Otak Kita Menurun

HAI-online.com - Setiap orang memiliki perpaduan kecerdasan (multiple Iintelligence) yang unik ini. Dari delapan jenis kecerdasan ini, mana yang bisa kita (manusia) miliki?

Untuk dibilang cerdas atau tidak, biasanya seseorang cuma perlu melakukan tes standar untuk mengukur kecerdasa individu dari seorang psikolog atau pendidik. Syarat-syaratnya dilihat dari IQ, kecerdasan umum, kemampuan kognitif umum dan kemampuan mental umum, semua itu digunakan untuk merujuk kepada ukuran kognitif tes yang mengutamakan evaluasi keterampilan matematika, kefasihan berbahasa verbal dan visualisasi spasial.

Tetapi ada orang-orang jenius dalam bermusik namun buruk dalam hal mengeja atau juga ada seorang ahli bahasa brilian yang dia memiliki masalah dengan perhitungan pecahan? Lantas, bagaimana gagasan standar "kecerdasan umum" bisa berlaku bagi mereka dengan bakat yang begitu nyata, tetapi mungkin tidak memiliki skor yang baik pada tes standar?

Nah, karena model kecerdasan umum banyak didefinisikan oleh penggambaran keterampilan yang relatif sempit dan tampaknya benar-benar membatasi ketika kita berpikir tentang hal tersebut, Dr Howard Gardner, seorang psikolog dan profesor neuroscience dari Universitas Harvard, mengembangkan teori Multiple Intelligence (MI) pada tahun 1983.

Gardner menentang pendidikan sekolah dan pemikiran sains kuno yang mengatakan orang-orang dilahirkan dengan kemampuan kognitif umum yang dapat dengan mudah diukur dengan tes jawaban singkat. Sebaliknya, MI sanggup memberikan teori baru di mana ada 8 jenis kecerdasan yang bisa mencerminkan berbagai cara untuk berinteraksi dengan dunia. Setiap orang memiliki perpaduan kecerdasan yang unik ini.

Untuk itu, berikut adalah multiple intelligence yang mendeskripsikan delapan kecerdasan tersebut, kalian mungkin memiliki beberapa ini:

1. Kecerdasan Spasial

Kemampuan seseorang untuk membuat konsep dan memanipulasi array spasial skala besar (misalnya, pilot pesawat atau pelaut), atau bentuk-bentuk yang lebih lokal dari ruang (misalnya, arsitek atau pemain catur).

2. Kecerdasan Kinestetik Tubuh

Kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh, atau bagian tubuh (seperti tangan atau mulut), untuk memecahkan masalah atau menciptakan produk (misalnya, penari).

3. Kecerdasan Musikal

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest