Follow Us

Keyboard Komputer Harus Dibersihin Nggak Sih? Ini Kata Sains

Alvin Bahar - Selasa, 24 April 2018 | 13:15
Keyboard yang nggak pernah dibersihin selama 6 tahun
Alvin Bahar

Keyboard yang nggak pernah dibersihin selama 6 tahun

HAI-ONLINE.COM - Keyboard komputer kamu mungkin lebih kotor dibanding dudukan toilet.

Faktanya, studi di Australia menemukan fakta bahwa meja komputer memiliki jumlah bakteri 400 kali lipat lebih banyak daripada dudukan toilet.

Kursi toilet menampung sekitar 50 bakteri per inci persegi, jadikannya area yang nggak terlalu banyak bakteri. Namun, nggak demikian dengan komputer. Apalagi yang dipakai oleh banyak orang.

Rumah sakit Chicago menemukan bahwa keyboard komputernya mengandung bakteri Staphylococcus yang resistansi terhadap obat selama 24 jam.

Rumah sakit lain di Belanda meneliti seribu keyboardnya dan menemukan fakta bahwa 95 diantaranya positif memiliki bakteri Streptococcus, Staphylococcus, dan patogen lain. Membuatnya jadi permukaan paling kotor di unit gawat darurat.

Mengingat betapa seringnya kita menggunakan komputer, penting untuk memahami bahwa kotoran biasanya tersembunyi di celah-celah keyboard. Kita biasa terburu-buru mengetik setelah pergi dari luar ruangan. Atau makan di meja menggunakan keyboard dengan sisa-sisa makanan yang menempel.

Ada juga beberapa orang yang menggunakan komputer setelah bersin dan batuk di dekat keyboard sepanjang hari.

Seberapa sering harus membersihkan keyboard?

Ahli mikrobiologi setuju bahwa setiap orang harus mengelap meja dan keyboard komputer senggaknya satu kali dalam seminggu.

Para dokter dan perawat di National Center for Health Research (NCHR) menyatakan bahwa keyboard rumah sakit harus dibersihkan dengan disinfektan satu kali sehari. NCHR juga menyarankan agar kita mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komputer bersama, terutama saat musim flu.

Jika hanya kamu yang menggunakan komputer tersebut, sebagian besar bakteri berasal dari tangan kamu sendiri sehingga nggak terlalu berbahaya. Meskipun begitu, tetap cuci tangan dan membersihkan meja agar bakteri nggak menumpuk.

Membersihkan keyboard bisa dilakukan dengan mudah.

Pertama-tama, matikan komputer dan cabut kabelnya sebelum membersihkan dengan disinfektan. Kemudian, singkirkan remah-remah atau pasir yang menempel pada keyboard sebelum mengelapnya.

Selain keyboard, kamu harus membersihkan layar telepon genggam karena itu juga mengandung bakteri E.coli dan Streptococcus.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest