Follow Us

Benar Nggak Sih Kalo Lagi Flu Dilarang Olahraga?

Alvin Bahar - Kamis, 19 April 2018 | 09:15
Sedang Flu Boleh Nggak Olahraga
Alvin Bahar

Sedang Flu Boleh Nggak Olahraga

HAI-ONLINE.COM - Saat musim hujan, tubuh jadi cenderung mudah terkena flu. Hal ini pastinya bisa mengganggu aktifitas kita, salah satunya olahraga. Benarkan olahraga tidak disarankan saat sedang flu?

Menurut Ellen Breeding, pakar fisiologis olahraga di AYC Fitness di Kansas City, olahraga boleh saja dilakukan saat flu. Kendati demikian, pelakunya harus menyadari keadaan tubuhnya sehingga tidak menimbulkan masalah bagi tubuh bila terlalu memaksakan berolahraga.

"Pertama, jika Anda sadar sedang flu, maka Anda perlu memberikan perhatian pada "aturan leher"," ujar Breeding.

Jika hanya kepala lo yang merasa flu, jelasnya, misalnya pusing kepala berat, atau hidung tersumbat, lo masih dapat melakukan olahraga. Namun jika gejala flu terjadi pada daerah di bawah leher, misalnya batuk parah, sebaiknya tidak dulu melakukan olahraga.

Kedua, lakukan olahraga selama 10 menit lebih dulu untuk menentukan kesanggupan lo melanjutkannya. "Jika dalam sepuluh menit berolahraga Anda merasa baik-baik saja, maka Anda dapat melanjutkannya. Sebaliknya, jika justru merasa tidak baik, sebaiknya segera dihentikan agar tidak bertambah buruk," sarannya.

Cek: Ingin Berasa Bisa Terbang? Cobain Olahraga Ini

Selain itu, Breeding merekomendasikan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih rendah daripada biasanya. "Tetaplah lakukan olahraga dengan intensitas rendah untuk menjaga aliran darah tetap lancar, namun tidak terlalu membebani tubuh Anda," kata dia.

Seperti yang diketahui, olahraga moderat dapat meningkatkan sistem imun ketika tidak terlalu diforsir. Sehingga, olahraga saat flu jika dilakukan dengan intensitas yang tepat justru akan mempercepat kesembuhan.

Terakhir, Breeding mengatakan, jika memungkinkan untuk berolahraga, maka pastikan berolahraga di rumah, tidak di gym. Berolahraga di tempat umum (gym) berisiko menulari orang-orang di sekitar.

"Sebaliknya, Anda dapat mengikuti program dari video online atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah," saran dia.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest