Follow Us

Ingin Berasa Bisa Terbang? Cobain Olahraga Ini

Alvin Bahar - Kamis, 19 April 2018 | 07:15
Hang Gliding
Alvin Bahar

Hang Gliding

HAI-ONLINE.COM - Mau merasakan enaknya jadi seekor burung? bisa coba olahraga ekstrim ini. Bermodalkan sayap raksasa yang hanya dikaitkan dengan tiang berbentuk segitiga, olahraga ini menuntut kemahiran dalam mengendalikan berat badan. Kesulitan terbesar tentu saja kemampuan sang atlit buat menahan gempuran angin di ketinggian sekitar 1000-10 ribu kaki.

Buat safety, setiap atlit hang gliding wajib mengenakan parasut jika kejadian yang nggak dinginkan terjadi. Posisi pilotnya sendiri ditopang oleh sebuah besi yang dikaitkan ke badang sayap. Semua regulasinya diatur oleh Fédération Aéronautique Internationale yang juga bekerjasama dengan NASA buat pengembangannya.

Ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlit hang gliding. Antara lain Roll (sang pilot menggerak-gerakan tubuh untuk mendorong sayapnya), Yaw (sang pilot bergerak ke kanan dan ke kiri buat mengendalikan sayap), dan pitch (sang pilot merapatkan tubuhnya untuk menerjang angin sehingga sayap mendapatkan aerodinamika yang bagus).

Jawara Karena olahraga ini nggak mungkin diperlombakan secara massal dalam sekali terbang, kompetisinya pun berbasis seberapa sang atlit seberapa tinggi mereka terbang. Rekor dunia untuk sementara dipegang oleh Judy Leden yang mampu terbang di ketinggian 12,390 meter.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest