Follow Us

Kolaborasi dengan Personel Sore Hingga Endah N Rhesa, Sajama Cut akan Rilis EP Akustik pada Record Store Day 2018

Alvin Bahar - Kamis, 19 April 2018 | 05:15
Sajama Cut
Alvin Bahar

Sajama Cut

HAI-ONLINE.COM - Sambut perayaan Record Store Day 2018, Sajama Cut akan merilis EP baru. EP berjudul Softcore ini berisi 7 lagu Sajama Cut yang digarap dengan versi akustik. Uniknya, Sajama Cut mengundang sejumlah musisi untuk turut berkontribusi dalam Softcore. Mereka adalah Ade Paloh (Sore, Marsh Kids), Asteriska (Barasuara, solo), Eka Annash (The Brandals, Zigi Zaga), Endah N Rhesa, Leanna Rachel, dan Tenna Handarini.

Nama-nama tersebut dipilih Sajama Cut karena selain nge-fans, musik para kolaborator juga cukup berbeda dari band indie rock tersebut. “Sebenarnya ini berhubungan dengan tendensi Sajama Cut untuk selalu menantang diri sendiri. Gue pribadi ingin mem-breakdown cara dan instinct penulisan lagu yang selama ini gue gunakan, dan cara paling efektif untuk itu adalah dengan memainkannya secara akustik, karena tidak ada elemen lain selain melodi dan ritme dasar. Ini sehubungan dengan keinginan gue untuk meng-approach materi album berikut kita dengan cara penulisan yang baru,” ucap Marcel Thee, vokalis Sajama Cut tentang Softcore.

Menurut Marcel, keputusan Sajama Cut untuk mengajak musisi lain berkolaborasi masih berhubungan dengan hal yang ia ungkapkan di paragraf atas. Bekerjasama dengan musisi lain amat memberikan ide dan masukkan artistik yang baru dan menarik untuk band yang beranggotakan Marcel Thee (vokal), Dion Panlima Reza (gitar), Hans Patria (keyboard), dan Banu Satrio (drum). Terlebih, para kolaborator tidak hanya mengisi part, tapi juga berkontribusi dalam aransemen.

“Secara vokal dan harmonisasi, mereka sangat terlibat – seperti counter-counter melodi yang dilakukan Asteriska di ‘History of Witches’ misalnya, sama seperti yang dilakukan Endah di lagu ‘Rest Your Head On the Day’,” papar Marcel.

7 lagu Sajama Cut yang digubah ulang untuk EP ini adalah History of Witches, Speak In Tounges, Rest Your Head on the Day, Season Finale, Idol Semen, Fin, dan Fatamorgana. Alasan 7 lagu tersebut dipilih Sajama Cut salah satunya karena bisa dibilang bukan lagu-lagu yang paling dikenal orang, atau “hits”. Softcore dirilis oleh Demajors dan bisa didapatkan mulai Record Store Day 2018, 21-22 April 2018.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest