Follow Us

Review: Menuju Galaksi Palapa, Mengintip Kelompok Penerbang Roket Versi Baru

Alvin Bahar - Selasa, 10 April 2018 | 08:15
Menuju Galaksi Palapa
Alvin Bahar

Menuju Galaksi Palapa

HAI-ONLINE.COM - Viki, drummer Kelompok Penerbang Roket (KPR), menyebut Galaksi Palapa adalah masterpiece. Maka nggak heran kalo ada “perlakuan spesial” untuk mini album ini. Salah satunya adalah film dokumenter berjudul Menuju Galaksi Palapa.

Menuju Galaksi Palapa digarap oleh sutradara berbakat asal Medan, Hasbi Sipahutar. Dirinya adalah sutradara film dokumenter tur The SIGIT di Australia. Film dokumenter berdurasi 24 menit ini juga didukung oleh GO-JEK dan CGV. Menuju Galaksi Palapa akan ditayangkan di 10 kota besar Indonesia mulai 16 April nanti.

Seperti judulnya, dokumenter ini mengisahkan tentang perjuangan KPR untuk menggarap Galaksi Palapa. KPR yang nggak puas dengan hasil akhir EP tersebut, harus merekam ulang materinya di studio baru, dengan alat yang berbeda juga.

Cek: Ini Dia Alasan Mini Album ‘Galaksi Palapa’ Disebut Masterpiece oleh Kelompok Penerbang Roket

Sepanjang film, kita bisa melihat proses pembuatan album ini yang berbeda dari penggarapan Teriakan Bocah maupun HAAI. Salah satunya saat KPR akan merekam lagu “Alfa Omega”, sebuah lagu tanpa iringan drum, tapi penuh dengan isian synthesizer.

KPR seakan ingin mempresentasikan diri mereka versi baru di mini dokumenter ini.

Hal menarik yang ada di dokumenter ini adalah kita bisa mengintip tempat KPR merekam Teriakan Bocah, berikut alat-alat digunakan, yang ternyata hanya di sebuah rumah semi-studio milik Didit Saad (produser). Ketika dibandingkan dengan studio tempat merekam Galaksi Palapa, kamu akan tau sudah seberapa jauh trio asal Jakarta ini melangkah.

Scene menarik lainnya adalah ketika Coki menjelaskan visinya untuk Galaksi Palapa, digambarkan dengan animasi paska apokalips yang membuat mini album tersebut pantas ditunggu.

Sayangnya, Menuju Galaksi Palapa hanya memiliki durasi singkat, dan nggak mengungkap banyak hal yang sebenarnya bikin kita penasaran akan album terbaru KPR tersebut. Overall, Menuju Galaksi Palapa layak ditonton buat kamu yang udah ngikutin Coki cs dari zaman Teriakan Bocah, atau penasaran akan “dapur” band ini.

Menuju Galaksi Palapa akan tayang untuk pertama kalinya pada Senin, 16 April 2018 di CGV Cinemas, Grand Indonesia. Setelahnya, Menuju Galaksi Palapa akan tayang di 9 kota berturut-turut: Balikpapan, Depok, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, Makassar, Medan, Palembang, dan Bandung. Tiketnya dapat dibeli lewat GO-TIX dan CGV Cinemas.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest