Follow Us

Ini Dia 5 Fakta Unik Dibalik Piala Dunia Pertama 1930 di Uruguay

- Senin, 09 April 2018 | 08:15
Ini 5 Fakta Unik Piala Dunia yang Mungkin Lo Nggak Tahu
Hai Online

Ini 5 Fakta Unik Piala Dunia yang Mungkin Lo Nggak Tahu

HAI-Online.com - Kenapa, sih Piala Dunia digelar? Gimana sejarah Piala Dunia hingga bisa diselenggarakan? Buat yang belum tau, sejarahnya Piala Dunia digelar adalah dalam rangka menjaga perdamaian dunia, Piala Dunia diadakan pertama kali pada 1930. Ajang turnamen sepak bola terbesar di dunia itu digelar kurang lebih satu bulan. Uruguay pun terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia perdana.

Tapi nggak banyak yang tahu, kalo Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali itu punya banyak cerita unik. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia 5 fakta unik Piala Dunia 1930 yang nggak banyak orang tahu. Cekidot!

UDAH TAU BELUM? Ini 5 Fakta Unik dari Kemenangan MU di Derby Manchester

1. Cuma Pakai 3 stadion Stadion adalah salah satu kebutuhan pokok buat nyelenggarain turnamen sepakbola. Nggak jarang, negara yang jadi tuan rumah ajang turnamen sepakbola, berusaha mempercantik stadion-stadionnya. Jangan bayangin situasi dulu segampang sekarang kalo mau cari lapangan buat turnamen mah banyak.

Dulu stadion jumlahnya masih sedikit. Alhasil Piala Dunia 1930 cuma pakai 3 stadion. Ketiganya adalah Estadio Centenario yang berkapasitas 90.000 dan dibuat khusus untuk Piala Dunia, Estadio Gran Parque Central berkapasitas 20.000, dan yang paling kecil Estadio Pocitos yang hanya berkapasitas 1000.

2. Uruguay Bayarin semua Akomodasi Peserta Piala Dunia Saat pertama kali digelar di Uruguay, banyak negara yang mengeluh karena jarak negara yang terlampau jauh dari negara-negara peserta lainnya. Tapi hal itu nggak ngurangin keseriusan Uruguay sebagai tuan rumah, lho. Buktinya, mereka bayarin semua akomodasi para peserta Piala Dunia yang lainnya. Salut!

3. Nggak Ada Perebutan Juara Tiga Sekarang di turnamen mana pun, ada perebutan juara ketiga, termasuk Piala Dunia. Namun saat pertama kali diadakan, nggak ada, tuh, perebutan tempat ketiga. Belanda menjadi negara yang pertama kali meraih juara ketiga di Piala Dunia modern.

4. Banyak negara yang berangkat bareng Jarak yang begitu jauh, jadi salah satu alasan banyak negara mengeluhkan Piala Dunia perdana. Alhasil Uruguay ngebiayain banyak negara buat berangkat bareng dengan kapal laut. Salah satunya kapal SS Conte Verde yang dipakai buat berangkat Piala Dunia. Kapal tersebut dipakai oleh Belgia, Prancis, Romania, dan Brazil.

5. Piala Dunia didominasi negara-negara benua Amerika Bisa dibilang sepakbola Eropa lagi maju banget sekarang ini. Banyak pemain hebat pun mengadu nasib di liga-liga top Eropa. Negara-negara Eropa pun turut mendominasi Piala Dunia. Tapi lain cerita dengan dulu. Pertama kali diadakan 1930, Piala Dunia didominasi negara-negara benua Amerika. Hanya empat negara dari benua biru. Antara lain Prancis, Belgia, Rumania, dan Yugoslavia.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular