Follow Us

Siap-Siap! Tren Jual Beli Barang Second Diprediksi Bakal Tinggi

- Senin, 09 April 2018 | 09:00
Di sekolah berhemat, di luar sekolah baru deh jajan-jajan. Dan yang paling banyak dibeli para remaja SMA adalah outfit, bro.
Hai Online

Di sekolah berhemat, di luar sekolah baru deh jajan-jajan. Dan yang paling banyak dibeli para remaja SMA adalah outfit, bro.

HAI-Online.com - Kalau selama ini lo masih ragu untuk melakukan jual beli barang "preloved" atau second, kayaknya harus udah mulai yakin nih. Pasalnya penjualan barang-barang bekas berkualitas secara online terus meningkat loh. Penggeraknya juga disinyalir oleh kita sebagai generasi milenial.

Berdasar laporan situs jual beli barang bekas Thredup, pasar barang preloved alias second itu senilai 441 miliar dollar pada 2022 dan sekitar 49% merupakan pakaian. Jumlah ini bahkan diprediksi mengalahkan ritel fast fashion, seperti Zara, H&M, atau Forever21. Pertumbuhannya pun bakal 24 kali lebih cepat dibanding industri ritel tersebut.

UDAH TAU BELUM? Terungkap! Ini Dia Harga Jaket Denim Jokowi Saat Touring ke Sukabumi

Nah, ternyata bro kita sebagai generasi mileniallah yang dianggap sebagai generasi paling impulsif dalam berbelanja. Rata-rata kita mempensiunkan barang setelah 1-5 kali dipakai. Sebanyak 77% dari generasi milenial juga bilang lebih suka membeli produk dari brand yang peduli pada lingkungan.

Data juga menyebutkan, sekitar 40% anak muda berusia 18-24 tahun membeli barang bekas pada 2017. Mereka juga berpikir bahwa menjual barang-barang yang nggak terpakai juga bisa mengurangi "sampah" dan menghasilkan uang. Setuju?

Kini, situs-situs jual beli barang second pun kian memposisikan dirinya sob sebagai alternatif berkesinambungan dari fast fashion yang diketahui nggak ramah lingkungan dan pada buruh pabriknya.

Pada 2017 lalu, di Amerika Serikat sendiri industri fast fashion menguasai 9% pasar, sedangkan produk second sekitar 6%. Nantinya pada 2027 angka tersebut bakal berubah, yaitu pasar produk second naik jadi 11% dan fast fashion 10%.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/06/110000820/tren-jual-beli-barang-preloved-diprediksi-kalahkan-toko-ritel

Source : Kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest