Follow Us

Data 1 Juta Pengguna Facebook di Indonesia Ikut Bocor

Rizki Ramadan - Kamis, 05 April 2018 | 13:00
Facebook
Rizki Ramadan

Facebook

HAI-ONLINE.COM- Belakangan ini, Facebook sedang disorot dunia internasional karena mengalami kebocoran data sebagian penggunanya ke perusahaan pihak ketiga bernama Cambridge Analytica.

Bocoran informasi pribadi dari para pengguna Facebook itu pun digunakan sebagai senjata untuk keperluan politik dan membentuk opini tertentu di jejaring sosial.

Facebook sendiri belum mengetahui berapa jumlah pasti data penggunanya yang bocor, sampai pada akhirnya kemarin (4/4) Facebook merilis keterangan bahwa angkanya mencapai kisaran 80 jutaan pengguna.

Yang mengejutkannya, Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara kebocoran data Facebook terbesar. Menurut data yang Facebook rilis, data para pengguna Facebook Tanah Air yang bocor sebesar 1 juta pengguna.

Statistik data pribadi pengguna Facebook yang bocor
Dari data diatas kita bisa melihat Indonesia menempati urutan ketiga, setelah Amerika Serikat dengan kebocoran 70,6 juta pengguna dan Filipina dengan kebocoran data 1,1 juta pengguna Facebook.

Meskipun sudah merilis jumlah data yang bocor, namun pihak Facebook mengatakan nggak tahu persis data apa saja yang dicoborkan ke Cambridge Anytica. Jumlah pengguna dalam grafik di atas merupakan perkiraan terbesar untuk mencakup angka maksimal dari akun yang terdampak.

Waduh, data akun kita kira-kira aman nggak ya? hmmm.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest