Follow Us

Harus Tau! Ini Dia Profesi yang Lagi Dibutuhkan di Indonesia Sekarang

- Rabu, 04 April 2018 | 13:30
Matematika Bukan Pertanyaan Kubur
Hai Online

Matematika Bukan Pertanyaan Kubur

HAI-Online.com - Sudah menentukan pilihan mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Kalau belum lo patut paham nih bro ternyata indonesia lagi butuh tenaga kerja di beberapa sektor khusus loh, yaitu bidang sains dan teknik.

Dilansir dari Kompas, Indonesia memang lagi butuh banyak orang di dua bidang itu lantaran fokus pembangunan pemerintah pada infrastruktur. Namun, sayangnya nih minat mahasiswa kurang terhadap jurusan-jurusan rumpun sains dan teknologi atau eksakta. Mereka lebih pilih masuk ke rumpul sosial.

CEK JUGA NIH: Ini 3 Tanda Kalo Kalian Bisa Balikan sama Mantan

Hal itu ternyata memang benar loh menurut Ketua Umum Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) Marzan Aziz Iskandar. Menurutnya, kalau dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN dan Asia, jumlah mahasiswa sains dan teknik di Indonesia paling sedikit. paling hanya 15% bro. Padahal Malaysia 24%, Korea 33%, dan Tiongkok 38%.

Kurangnya minat juga telrihat nih dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemristek dan Dikti pada Maret 2016. Dari situ terlihat bahwa ada lebih dari 5 jtua mahasiswa di indonesia, tapi cuma 1,5 juta aja yang ambil jurusan sains-teknik. Sisanya ambil sosial-humaniora.

Kira-kira kenapa ya banyak yang nggak mau pilih jurusan sains-teknik? Bisa jadi karena menghindari hitung-hitungan bro. Padahal nih, tren industri lagi butuh banget tenaga kerja berkompetensi di bidang sains dan teknologi dunia.

Hal tersebut sesuai loh dengan hasil studi Lembaga federal Amerika Serikat untuk pengembangan ilmu sains, National Science Foundation (NSF) 2011 yang bilang dalam satu dekade mendatang 90% pekerjaan memerlukan SDM dengan kompetensi Science, Technology, Engineering, dan MAthematics (STEM). Selain itu, ada juga survei dari Social Market Foundation untuk EDF Energi 2017 yang bilang kebutuhan tenaga kerja di Inggris dalam bidang sains, teknologi, riset, dan teknisi melonjak dua kali lipat pada 2016-2033. Ini juga lantaran adanya invoasi teknologi dan investasi infrastruktur yang terus meningkat bro.

Akrab belajar dengan teknologi

Nah, lo sepatutnya bisa baca nih bro tren pekerjaan tersebut. Pertama banget, tentu lo harus bersahabat dengan mata pelajaran terkait, kayak matematika, fisika, kimia, bahkan coding. Sulitnya mempelajari hal-hal itu nggak sepenuhnya benar kok. Balik lagi ke metode belajar yang lo gunakan.

Tinggal pintar-pintar lo untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, contohnya lewat internet. Sekolah pun juga sebaiknya mengakomodasi penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar (KBN).

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com, dengan judul artikel Siap-Siap, Ini Dia Profesi yang Bakal Jadi Rebutan

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular