Follow Us

Fotografer Wallpaper Windows XP Ternyata Nyesel Jual Fotonya Gitu Aja ke Microsoft, Kenapa ya?

Alvin Bahar - Senin, 26 Maret 2018 | 09:45
Wallpaper Windows XP
Alvin Bahar

Wallpaper Windows XP

HAI-ONLINE.COM - Tahukah kamu akan wallpaper yang terpasang di layar komputer pengguna sistem operasi Microsoft Windows XP?

Ya, kamu pasti familiar dengan wallpaper standar berupa pemandangan bukit hijau, langit biru, dan awan putih yang menggantung, yang memiliki nama "Bliss" tersebut. Foto tersebut diambil oleh Charles O'Rear saat berkendara dari wilayah Napa ke Sonoma di California, Amerika Serikat, tahun 1996.

Saat mengendarai mobil, O'Rear melihat pemandangan yang menarik perhatiannya. Ia lalu berhenti dan mengeluarkan kamera medium-format Mamiya RZ67.

Lalu, jadilah foto pemandangan yang legendaris tersebut. O'Rear mengaku foto tersebut diambil seperti apa adanya, tanpa sentuhan aplikasi pengolah foto.

Cek: Serangan Virus ke Mac Terbukti Jauh Lebih Sedikit Dibanding Windows. Ini Alasannya.

Kini, saat Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP, O'Rear mengungkapkan kekecewaannya. Pasalnya, foto pemandangan yang ia abadikan tadi dibeli oleh Microsoft, 13 tahun yang lalu, dengan kesepakatan sekali bayar, alih-alih menarik lisensi.

"Andai saya tahu kalau foto tersebut akan populer, dan tahu jumlah komputer yang menggunakannya, pasti saya akan negosiasi tentang persetujuannya (yang lebih baik)," ujar O'Rear seperti dikutip Sydney Morning Herald.

"Kesepakatannya bukan berdasar royalti, melainkan hanya seperti 'ini bayaran untuk foto kamu, terima kasih dan kami akan memasangnya di komputer'," demikian cerita O'Rear.

Kekecewaan O'Rear memang bisa dimaklumi karena, menurut perhitungan ahli teknologi, wallpaper Windows XP tersebut hingga saat ini telah dilihat oleh lebih dari 1 miliar kali.

Kalo Windows XP sampai terjual 1 miliar kopi, dan Microsoft membayar O'Rear satu persennya saja, maka pendapatan O'Rear akan mencapai 10 juta dollar AS.

O'Rear sendiri kini telah berusia 77 tahun. Sepanjang kariernya jadi fotografer, yakni selama lebih kurang 36 tahun, foto-fotonya telah dimuat di berbagai terbitan terkenal, seperti Los Angeles Times dan National Geographic.

Dia pun terlibat dalam berbagai proyek dokumentasi besar. (Reska K. Nistanto)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest