Follow Us

Introvert atau Ektrovert Bisa Dilihat dari Kebiasan di Medsos, Ini Penjelasannya

- Selasa, 10 April 2018 | 14:15
Kebiasaan di Medsos Bisa Nunjukin Introvert atau Ekstrovert
Hai Online

Kebiasaan di Medsos Bisa Nunjukin Introvert atau Ekstrovert

HAI-Online.com - Ada banyak tipe kepribadian seseorang kalo mau diomongin dalam ranah psikologis. Tapi sederhananya, secara umum dibagi dalam tipe introvert dan ekstrovert. Dan kabar baiknya, dua tipe kepribadian itu bisa dilihat, kok, lewat kebiasan bermedia sosial.

Ekstrovert menurut Psychological Types karya psikolog Carl Jung, digambarin kayak orang yang senang di tengah banyak orang. Mereka yang jiwanya ekstrovert punya hasrat lebih buat pengalaman baru dan hubungan sosial dan kemampuan memimpin. Kalo introvert sering digambarin kayak orang yang lebih suka menyendiri dalam kegiatan yang kreatif. Kayak membaca, gambar, melukis atau men-design karya tertentu.

UDAH TAU BELUM? Terungkap! Ternyata Ini Penyebab Banyak Orang Percaya Teori Konspirasi

Tapi perlu dibedain, nih, orang introvert bukan berarti antisosial. Mereka juga suka berteman, kok. Cuma emang lingkup pertemananya yang sebesar dan seluas ektrovert. Artinya mereka cuma akrab sama segelintir orang aja. Ada juga ambivert. Nah, yang ini tengah-tengahnya introvert dan ekstrovert. Kalo dibayangin jadi dua ujung, nah, ambivert ada di tengah-tengah. Artinya nggak introvert dan nggak ekstrovert juga.

Nah, buat yang masih bingung 'gue introvert atau ekstrovert ya?' nggak usah bingung. Karena tipe kepribadian yang sederhana itu bisa diketahui salah satunya lewat kebiasaan bermedia sosial.

Susan M. Henney, profesor bidang psikologi dari University of Houston-Downtown mencoba merangkai sebuah kuis untuk buat tahu karakter seseorang.

1. Media sosial atau situs?

Kalo lagi cari informasi, lo lebih suka nyari di media sosial kayak Twitter atau Instagram atau langsung ke situs yang lo pengen. "Mereka yang introvert cenderung membaca apa yang mereka mau baca dan tidak peduli apakah orang lain setuju atau tidak dengan mereka. Sedangkan ekstrovert senang jika semua orang mengetahui apa yang mereka baca dan pandangan mereka tentang isu-isu terkini, bahkan membuka diskusi," ujar Henney.

Jika lo lebih suka nyari informasi di media sosial, berarti lo ekstrovert.

2. Frekuensi Ngecek Medsos

Coba lo inget-inget, berapa kali lo ngecek Instagram, Line, Facebook, Twitter dalam sehari? Orang ekstrovert biasanya punya anggapan kalo media sosial adalah sesuatu yang besar. Bahkan, beberapa di antaranya punya beberapa akun yang berbeda-beda.

Orang-orang ekstrovert biasanya juga sering stress atau kesal kalau posting-an mereka likes-nya dikit atau bahkan nggak ada yang nonton. "Sedangkan introvert, mereka bisa saja mengunggah status atau pernyataan kemudian pergi begitu saja. Kadang mereka tidak log in media sosial dalam beberapa hari," ujarnya.

Halaman Selanjutnya

3. Kerja Kelompok
1 2

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest