Follow Us

Katanya, Kita Bakal Ketemu Alien di Akhir Abad Ini

Alvin Bahar - Rabu, 28 Februari 2018 | 06:00
Alien, Beneran Ada Nggak, Sih?
Alvin Bahar

Alien, Beneran Ada Nggak, Sih?

HAI-ONLINE.COM - Pencarian manusia terhadap alien seolah nggak ada habisnya. Banyak prediksi dilakukan kapan manusia akan bertemu dengan makhluk luar angkasa tersebut.

Salah satunya dilontarkan oleh Michio Kaku, fisikawan teoretis dan futuritis. Kaku menyebut, manusia akan melakukan kontak dengan alien pada akhir abad ini.

Meski demikian, Kaku mengatakan bahwa dia nggak yakin apakah kita (manusia) akan berkomunikasi bisa secara langsung atau nggak. Dalam akun Ask Me Anything (AMA) miliknya di Reddit, Kaku menanggapi sebuah pertanyaan tentang peradaban alien.

"Saya pribadi merasa bahwa abad ini kita akan melakukan kontak dengan peradaban alien, dengan mendengarkan komunikasi radio mereka," tulis Kaku dikutip dari Live Science, Senin (26/02/2018).

"Tapi berbicara dengan mereka akan sulit, karena bisa jadi puluhan tahun cahaya. Jadi, sementara itu, kita harus menguraikan bahasa mereka untuk memahami tingkat teknologinya," imbuhnya.

Kaku juga mengatakan bahwa ada tiga tipe tingkat teknologi tersebut, yaitu tipe I, II, III. Ketiga kategori tersebut dalam skala Kardashev, mengukur pencapaian teknologi dalam peradaban berdasarkan tingkan penggunaan energi untuk komunikasi.

"Dan apa tujuan mereka. Apakah mereka ingin melakukan ekspansi dan agrsi, atau damai," tulisnya.

"Kemungkinan lain adalah mereka mendarat di halaman Gedung Putih dan mengumumkan keberadaan mereka. Tapi saya pikir itu nggak mungkin, karena kita akan seperti binatang hutan untuk mereka, yaitu nggak layak untuk berkomunikasi dengannya," sambung Kaku.

Meski dalam beberapa penelitian diprediksi bahwa manusia nggak akan panik menghadapi alien, tapi banyak ilmuwan memperingatkan tentang risiko yang mungkin terjadi.

Stephen Hawking bahkan telah mengatakan bahwa untuk beberapa alien cerdas, memusnahkan umat manusia bukanlah masalah. Beberapa ahli lain juga mengkhawatirkan hal ini terhadap kecerdasan buatan manusia.

Sinyal radio

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest