Follow Us

Ini Nih Asal Muasal Kata 'OK' yang Ternyata Sudah Digunakan Sejak 1839.

Rizki Ramadan - Senin, 19 Februari 2018 | 11:15
OK
Rizki Ramadan

OK

HAI-ONLINE.COM- Ketika ditanya "Bro, hari ini kumpul-kumpul di daerah tebet ya." pastinya lo dengan singkat akan jawab "Ok". Penggunaan kata 'Ok' memang sering banget ada disetiap percakapan.

Kata yang simpel dan hanya memiliki huruf ini biasanya diucapkan untuk menyatakan persetujuan atau ketika kita mengiyakan sesuatu kepada lawan bicara.

Tapi, pernah kepo nggak sih, guys. Gimana asal muasal dari kata 'Ok' ini? Karena ternyata, kata 'Ok' ini punya sejarah loh. Langsung aja yuk simak penjelasannya.

Oll Korrect

Kata OK pertama kali berasal dari Amerika Serikat (AS). Banyak yang menganggap bahwa kata OK ini merupakan singkatan dari kata Okay. Padahal itu tidak benar, justru dari kata 'OK' maka disebut Okay (ejaan OK dalam bahasa Inggris).

Sebenarnya OK itu adalah sebuah singkatan dari Oll Korrect, yang artinya semua benar. Kenapa tidak menggunakan kata All Correct, ya?

Tren Bahasa Slang

Sejarahnya dimulai dari tahun 1839. Waktu itu di Amerika Serikat sedang populer bahasa slang atau tidak baku (plesetan).

Bermunculan bahasa baru, seperti KY untuk Know Yuse yang merupakakan bahasa slang dari Know Use.

Kata OK yang Bertahan Digunakan Hingga Kini

Lalu ada juga OW untuk Oll Wright yang merupakan bahasa slang dari All Right, kemudian ada OK untuk Oll Korrect yang merupakan bahasa slang dari All Correct.

Nah, dari semua bahasa slang yang waktu itu tren digunakan, hanyaOK lah yang masih bertahan digunakan hingga saat ini.

(Artikel ini pertama tayang di Bobo.id dengan judul Inilah Sejarah Kata 'OK' yang Sudah Digunakan Sejak 179 Tahun yang Lalu)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest