Follow Us

Riska Wahyuni, Pelajar Kelas XI SMA Yang Sudah Meraih 20 Medali Emas Cabang Judo

Rizki Ramadan - Senin, 19 Februari 2018 | 10:30
Atlet Judo 20 Emas
Rizki Ramadan

Atlet Judo 20 Emas

HAI-online.com - Riska Wahyuni adalah salah satu siswi berprestasi di SMKN 11 Jakarta yang masih duduk di kelas 11 dengan jurusan Akuntansi. Perempuan yang sering disapa Riska ini terkenal sebagai atlet judo. Ia sudah menjuarai banyak kejuaraan judo baik tingkat sekolah, daerah, nasional, maupun internasional Di sekolah, sikap dan perilaku Riska sama dengan murid lainnya, lain hal jika ia sudah mengenakan Judogi (Baju untuk latihan judo). Bela diri asal Jepang ini tentunya nggak mudah dilakukan, tetapi Riska mampu menyabet juara di setiap pertandingan.

Sejak tahun 2011, Riska mengikuti latihan Judo, walapun sempat berhenti pada saat kelas 2 SMP karena ingin fokus belajar, tetapi keahlian Riska nggak luntur, ia memutuskan untuk mengasah kemampuannya itu setelah masuk SMK.

Prestasi yang diraih Riska Wahyuni meliputi :

  1. 20 medali emas
  2. 3 medali perak
  3. 5 medali perunggu
Medali emas sekaligus perdana berhasil Riska raih di kelas 20 kilogram tingkat sekolah se-DKI pada oktober 2011. Kompetisi yang pernah ia menangi adalah Internastional Cup Judo Frendly Games. Di final ia bertemu dengan atlet judo asal Jepang.

Kabar terakhir, Riska Wahyuni menjuarai POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2017. Ia berhasil menyabet medali perunggu di cabang olahraga judo kelas under 40kg. acara dua tahunan ini diselenggarakan di GOR Universitas Katholik Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah, 10-12 September.

Riska mengungkapkan bahwa sebelum bertanding di POPNAS, ia dikarantina selama 1 bulan guna mempersiapkan pertandingan dengan sangat matang.

“Alhamdulillah meskipun menang juara 3 saya tetap bersyukur, Karen senggaknya saya pulang ke Jakarta tanpa tangan kosong, melainkan membawa medali perunggu, tetapi saya nggak puas dan ingin latihan lebih keras lagi agar bisa memenangkan juara 1,” ujar pemilik akun Instagram @Rwhyni2521 ini.

Judo merupakan olahraga bela diri asal Jepang yang mengandalkan stamina, teknik bantingan dan kuncian. Olahraga ini sangat rawan membuat orang yang menggelutinya cedera. Tak kecuali dengan Riska, ia pernah mengalami cidera bahu kanan sampai tulangnya tergeser.

Ni Kadek Anny Andini adalah salah satu sosok atlet judo yang menginspirasi Riska Wahyuni. Ni Kadek Anny Andini dikenal sebagai salah satu atlet judo kelas 52-57 kg putri SEA GAMES 2015 di Singapura dan berhasil meraih mendali emas untuk Indonesia

“Mengikuti bela diri judo nggaklah mudah, kita harus kuat mental, fisik dan harus punya tujuan yang benar-benar membuat kita berprestasi” Ungkap Riska dalam akhir wawancara.

Penulis: Nadya - SMKN 11 Jakarta

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest