Follow Us

3 Fakta dari Album Terbaru Goodnight Electric, The Electronic Renaissance

Alvin Bahar - Senin, 19 Februari 2018 | 05:00
Goodnight Electric
Alvin Bahar

Goodnight Electric

HAI-ONLINE.COM - Semenjak berdiri dari tahun 2004, hingga kini Goodnight Electric telah menghasilkan 2 album penuh, 7 album kompilasi dan beberapa single dalam rilisan digital juga piringan hitam.

Di tahun 2012 - 2015, band ini sempat mengalami fase hibernasi dan kemudian mencoba aktif kembali di awal tahun 2016.

Pada kemunculan kedua (secong coming) di tahun ini Goodnight Electric merilis sebuah album kompilasi yang berisi unreleased track dan single yang tersebar di luar album penuh dari tahun 2004 - 2012. Semacam kumpulan single b-side, demo track, proyek kolaborasi dan remix. Album tersebut diberi nama The Electronic Renaissance dan dirilis pada Kamis, 15 Februari lalu.

Judul diambil dari lagu Belle & Sebastian

Judul The Electronic Renaissance sendiri di ambil dari satu track milik Belle & Sebastian yang sangat menginspirasi Henry Foundation pada tahun 2004 dulu sehingga terciptalah proyek musik Goodnight Electric ini.

Judul tersebut didedikasikan menjadi album kompilasi yang bisa menjadi sebuah album perjalanan Goodnight Electric dari sisi yang terlupakan.

Gara-gara file berceceran

Ide membuat album ini berawal dari niat mengumpulkan dan mengorganisir kembali arsip-arsip dan artefak Goodnight Electric yang berceceran selama beberapa tahun terakhir dalam bentuk fisik maupun digital.

Menurut band yang beranggotakan Henry Foundation, Oomleo, dan Bondi Goodboy ini, arsip-arsip tersebut perlu untuk dibagi, diperlihatkan atau didengarkan pada publik khususnya juga untuk penikmat musik sebelum hilang atau kadaluwarsa.

“Pengarsipan ini juga penting bagi Goodnight Electric sebagai musisi, sebagai penanda zaman dan rekam jejak proses kreasi selama sendiri,” tulis Goodnight Electric dalam press release.

Cek: LKTDOV Rilis Single Baru di Hari Valentine

Ada pameran juga

Beberapa arsip lagu lama dalam bentuk data yang hanya mengendap di hard disk akan dirilis dalam album kompilasi The Electronic Renaissance. “Sedangkan data-data fisik seperti discography cd, piringan hitam, video, poster-flyer promosi hingga alat-alat musik akan dipamerkan,” tulis press release tersebut.

The Electronic Renaissance dirilis dalam bentuk kaset c90 berisikan 19 track kompilasi dari berbagai album dan single dari tahun 2004-2012 plus 2 lagu remake berkolaborasi dengan grup musik Polypony dan rapper Xaqhala.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest